Oded Bantu Carikan Solusi Kebutuhan Pakan di Kebun Binatang Bandung

- 7 Mei 2020, 13:49 WIB

WALI Kota Bandung, Oded M. Danial akan mencarikan solusi untuk membantu operasional Kebun Binatang Bandung. Terutama persoalan kebutuhan pakan bagi ratusan hewan yang menjadi koleksi di kebun binatang tersebut 

Semenjak Pemkot Bandung memulai langkah penanganan virus corona, Kebun Binatang Bandung pun memberikan dukungannya dengan menutup sementara operasionalnya. Hingga saat ini, Bandung Zoo masih belum beroperasi.

"Karena pada prinsipnya kepemimpinan itu bukan hanya manusia tapi binatang juga harus mendapat perhatian. Nanti akan saya coba usahakan cari solusi buat mereka agar binatang ini bisa terbantu. Mungkin dari CSR misalkan," ungkapnya di Pendopo Kota Bandung, Jln. Dalem Kaum, Kota Bandung, Rabu (6/5/2020).

Menurutnya keprihatinan terhadap Bandung Zoo bukan berdasarkan dari sudut pandang ekonomi. Namun, hal yang paling penting saat ini adalah keberlangsungan hidup para satwa.

"Umar bin Khattab pernah menyampaikan kalau ada binatang satu pun yang mati kelaparan saya pasti ditanya oleh Allah. Jadi insya Allah saya akan perlakukan seperti manusia, karena binatang ini juga makhluk Allah," tuturnya. 

Diakuinya selain dari pemberitaan sejumlah media, ia juga sudah menerima laporan dari beberapa pihak yang turut memperhatikan kondisi di salah satu objek wisata ikonik di Kota Bandung tersebut. Sehingga pihaknya menanggapi serius persoalan ratusan hewan, yang juga ikut terdampak oleh pandemi virus corona.

Oded memastikan segera mengutus Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, untuk menelusuri lebih dalam mengenai kondisi tersebut. Utamanya keperluan yang berkenaan untuk menjaga kelangsungan hidup beragam jenis hewan.

"Kebun binatang sekarang kesulitan karena tidak ada pengunjung, maka berdampak pada operasional mereka berat. Sekarang kondisinya susah makanan untuk binatang. Sebagai pemerintah itu saya akan mencoba mendalami dan meminta ketua harian gugus tugas untuk datang kepada mereka seperti apa kebutuhannya," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan mengajak masyarakat untuk ikut berdonasi atau membantu memberikan makanan bagi para satwa di Kebun Binatang Bandung. Kekurangan bahan pangan tersebut, akibat pandemi Covid-19 yang terjadi di Kota Bandung. 

Halaman:

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X