PSBB Kota Bandung Berlalu, Warga Belum Terima Bantuan JPS

- 8 Mei 2020, 19:32 WIB
Wali Kota Bandung, Oded M. Danial secara simbolis melepas para petugas pos yang akan menyaklurkan Dana Bantuan Tunai bagi warga terdampak ekonomi pada masa wabah Covid-19 di Gedung Kantor Pos Besar Bandung, Jln. Asia Afrika, Rabu (22/4/2020).

WAKIL Ketua DPRD Kota Bandung, Achmad Nugraha menilai penyaluran Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi warga non-DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) molor. Pasalnya, walau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kota Bandung sudah selesai, bantuan sosial tersebut tidak kunjung disalurkan.

Menurutnya dengan kondisi tersebut, dianggap Pemkot Bandung tidak matang dalam mengatur realisasi program bantuan sosial tersebut.

"Sebenarnya pembahasan bantuan sosial JPS sudah dilalukan sebelum PSBB, namun penyalurannya di masyarakat sampai dengan selesai PSBB ada keterlambatan. Sehingga warga terdampak Covid-19 menjadi kecewa," ungkapnya di Gedung DPRD Kota Bandung, Jln. Sukabumi, Kota Bandung, Jumat (8/5/2020).

Berdasarkan informasi yang diperolehnya, faktor yang menyebabkan molornya penyaluran bansos sosial adalah terlalu banyak pertimbangan dan berkutat dalam validasi data. Akibatnya realisasi bantuan tidak pernah terlaksana.

"Maka kejadian ini untuk Pemkot Bandung harus jadi pembelajaran supaya kedepan lebih baik dalam mengambil kebijakan. Distribusikan anggaran yang sudah diatur secara benar dan kesusahan masyarakat juga harus jadi pertimbangan," tuturnya.

Pihaknya juga menyoroti soal kesanggupan bantuan sosial yang diberikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pasalnya pada penyaluran tahap pertama pemberiannya menimbulkan kegaduhan, lantaran tidak seperti yang dijanjikan.

"Jadi biarkan urusan warga non-DTKS terdampak Covid-19, menjadi tanggungan Pemkot Bandung. Sedangkan bantuan sosial dari Pemprov Jabar untuk warga DTKS," ujarnya.

Seperti diketahui bersama, jumlah bantuan sosial yang diberikan Pemprov Jawa Barat senilai Rp 500 ribu, terdiri dari paket sembako senilai Rp 350 ribu dan uang tunai Rp 150 ribu.

"Kesanggupan bansos Pemkot Bandung senilai Rp 500 ribu, bisa jauh bermanfaat untuk warga seandainya penyalurannya tepat waktu," katanya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X