P4TKIPA Bandung Siapkan 88 Kamar untuk Tenaga Medis Penanganan Covid-19

- 12 Mei 2020, 18:02 WIB

DI tengah penanganan wabah Covid-19, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (P4TKIPA) Bandung, menampung ratusan tenaga medis. Disiapkan sebanyak 88 kamar yang tersedia, akan dihuni oleh 176 petugas medis.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial berharap dengan adanya rumah singgah ini, bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para tenaga medis untuk beristirahat. Sehingga pada saat kembali bertugas berada dalam kondisi terbaik.

"Alhamdulillah sampai juga kita pada penggunaan rumah singgah untuk para tenaga kesehatan yang berada di P4TKIPA. Untuk para tenaga medis mereka di sini istirahat dari tempat kerja," ungkapnya di P4TKIPA, Jln. Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (12/5/2020). 

Menurutnya, upaya ini bisa membantu para tenaga medis apabila ada yang tidak diperkenankan pulang ke indekos atau kontrakannya. Juga sebagai cara untuk mengisolasi diri, agar tidak menularkan kepada anggota keluarganya yang lain.

"Karena para tenaga medis ini berada di garda terdepan berhadapan langsung dengan pasien yang terpapar, ini harus menjaga diri dengan baik. Harap menggunakan protokol kesehatan," terangnya.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung tersebut, mengapresiasi P4TKIPA yang sudah berkolaborasi untuk bersama-sama melawan penyebaran virus corona di Kota Bandung. Lebih jauh, pelayanan yang disediakan oleh P4TKIP justru ditingkatkan khusus untuk menampung tenaga medis.

"Waktu ke sini masih belum kinclong seperti sekarang. Ini menunjukkan P4TKIPA bukan hanya ingin berkolaborasi dengan kita untuk berkontribusi melawan pandemi Covid-19. Tapi ini mereka sangat bersungguh-sungguh," jelasnya. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala P4TKIPA, Enang Ahmadi menerangkan bahwa selama ini pihaknya mempersiapkan dulu ruangan kamar secara maksimal, sebelum dipergunakan oleh para tenaga medis. Yakni dengan memeriksa dan peningkatan sejumlah fasilitas yang dibutuhkan.

Ia menuturkan bahwa upaya ini sesuai dengan arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbud) RI, bahwa P4TKIPA juga diarahkan untuk berpartisipasi aktif ikut melawan penyebaran virus corona.

Halaman:

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X