Alhamdulillah, Angka Kebakaran di Kota Bandung Pada Ramadan Ini Menurun

- 13 Mei 2020, 15:25 WIB

SEJAK Januari hingga Mei ini, tujuh kecamatan di Kota Bandung tercatat zero kejadian kebakaran. Sementara Babakan Ciparay menjadi kecamatan yang paling banyak peristiwa kebakarannya sebanyak 8 kali.

Sekretaris Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung mengatakan, dari Januari hingga Mei tercatat 63 kejadian kebakaran terjadi di Kota Bandung. Pada Januari sebanyak 17 kejadian, Februari sebanyak 19 peristiwa, Maret sebanyak 20 kejadian, April sebanyak 13 kali dan Mei 4 kali kejadian.

"Saya apresiasi pada 7 kecamatan yang zero kejadian kebakaran sampai saat ini. Yakni Kecamatan Sukajadi, Cibeunying Kaler, Antapani, Cibiru, Bandung Kidul, Panyileukan dan Gedebage," ujar Rahmat di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu (13/5).

Sementara di 23 kecamatan lainnya, kata Rahmat, terjadi peristiwa kebakaran. Paling banyak, peristiwa kebakaran terjadi di Kecamatan Babakan Ciparay. Kecamatan ini merupakan salah satu daerah padat penduduk.

"Di Babakan Ciparay ada 7 kali kejadian kebakaran. Di Januari 3 kali kejadian, Maret satu kali dan April 3 kali. Kecamatan lainnya paling hanya 4 kali," ungkapnya.

Sementara kejadian kebakaran selama bulan Ramadan tahun ini, ungkapnya mengalami penurunan. Tahun lalu, terjadi 15 kali kebakaran dan sekarang baru 7 peristiwa.

"Walau ada beberapa hari lagi, mudah-mudahan hanya 7 kejadian. Kemungkinan karena dampak diam di rumah, jadi terkontrol dan bisa dihindari," ungkapnya.

Ia mengakui, di Ramadan biasanya angka kejadian kebakaran tinggi. Salah satu penyebabnya, aktifitas masyarakat dalam menggunakan api cukup besar.

"Tahun ini menurun, apakah ini juga karena sosialisasi tetap di rumah selama pandemi berhasil, tapi secara angka ada penurunan," tetangnya.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X