Disnaker Kota Cimahi Buka Posko Pengaduan THR

- 17 Mei 2020, 15:46 WIB

SEPERTI tahun-tahun sebelumnya, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cimahi kembali membuka Posko Pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR). Namun berbeda dengan tahun lalu, posko pengaduan THR tahun ini dibuka lebih lama karena terkait masih mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Iya kami sudah membuka posko di kantor Disnaker Kota Cimahi. Sejauh ini belum ada pengaduan, meskipun sempat ada serikat pekerja yang menolak Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI nomor M/6/HI.00.01/V/2020 tentang pelaksanaan pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2020 di perusahaan dalam masa pandemi Covid-19," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Jamsostek Disnaker Kota Cimahi, Uce Herdiana, Ahad (17/5/2020).

Menurutnya, posko pengaduan ini akan lebih lama dibuka karena melihat surat edaran menaker jika posko THR dibuka sepanjang 2020. "Dalam SE menteri kan disebutkan THR dapat dibayar dengan dicicil, atau ditunda tapi harus dibayar di tahun 2020," ujarnya.

Dikatakan Uce, biasanya posko pengaduan THR dibuka sampai 1 Syawal, karena kewajiban pengusaha memberikan THR kepada pekerjanya itu 7 hari sebelum hari raya. "Tapi sekarang sampai Desember 2020. Paling Disnaker nunggu pengaduan, apabila ada yang mengajukan perselisihan tentang pemberian THR. Walaupun namanya bukan posko THR," terangnya.

Dijelaskan Uce, pendirian posko ini dimaksudkan sebagai bagian dari langkah pemerintah menampung dan menyalurkan segala bentuk keluhan pekerja, berkaitan dengan penyaluran THR yang menjadi kewajiban perusahaan.

"Posko ini untuk menampung pengaduan apabila ada yang dirugikan, melindungi pekerja dan pengusaha. Serta memfasilitasi apabila ada perselisihan tentang pemberian THR antara pekerja dan pengusaha," terangnya.

 

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X