Dibukanya Pasar Baru, Himpunan Pedagang Minta Agar Tunggu Keputusan Pemerintah

- 18 Mei 2020, 16:00 WIB

HIMPUNAN Pedagang Pasar Baru meminta pada pedagang dan masyarakat untuk menunggu pengumuman resmi dari pemerintah, terkait beroperasinya kembali Pasar Baru Trade Center. Terlebih dengan ramainya surat edaran yang menyatakan pasar tersebut akan kembali beroperasi pada 20 Mei 2020.

Sebelumnya beredar di masyarakat surat edaran yang mengatasnamakan Perkumpulan Pedagang Pasar Baru Trade Center (P3BTC), berisi dengan dengan berakhirnya masa PSBB maka Gedung Pasar Baru Trade Center dibuka kembali untuk masyarakat umum. 

Dalam surat tersebut, juga disebutkan bahwa para pedagang untuk berjualan kembali seperti biasa mulai tanggal 20 Mei 2020 sampai ada pemberitahuan lebih lanjut dari Pemerintah Kota Bandung. 

"Ini tidak jelas dan kami melihat adanya sejumlah orang yang ingin jadi pahlawan, padahal belum ada arahan dari PD Pasar dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk dibuka kembali. Kita lihat dulu pengumumannya seperti apa," ungkap Ketua Himpunan Pedagang Pasar Baru, Iwan Suhermawan saat dihubungi via telepon seluler, Kota Bandung, Senin (18/5/2020). 

Menurutnya, hingga saat ini, Pasar Baru Trade Center masih tutup dan belum ada aktivitas. Mengingat masih dalam masa diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Dikatakannya jika tidak dilanjutkannya PSBB, maka pihaknya meminta adanya penerapan protokol kesehatan, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung. Seperti disediakannya hand sanitizer, tempat cuci tangan dan sosialisasi akan pencegahan penyebaran Covid-19. 

"Jika ada pengunjung atau pedagang yang terjangkit Covid-19, siapa yang akan bertanggung jawab. Apalagi ada 5 ribu pedagang dan 10 ribu karyawan di Pasar Baru," terangnya. 

Selain itu, dengan masih ditutupnya Jalan Otto Iskandardinata dan sejumlah jalan protokol lainnya, maka akan menghambat mobilitas pengunjung, yang akan datang ke salah satu pasar yang menjadi ikon Kota Bandung tersebut. 

"Kita merasa prihatin dan kasihan kepada pengunjung atau masyarakat yang sudah datang jauh-jauh tapi pasar masih tutup. Maka kita imbau untuk menunggu kebijakan dari Pemerintah Kota Bandung," tuturnya. 

Halaman:

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X