Ribuan Warga Ngotot Mudik, Emil Minta Pangdam dan Kapolda Siaga 1

- 18 Mei 2020, 18:20 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

ADA kemungkinan 720.000 dari 3,8 juta pemudik di Jabar akan ngotot mudik tahun ini. Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan hal ini harus diantisipasi. Pasalnya, 14 daerah di Jabar masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19.

"Pemudik dari zona merah memiliki potensi besar membawa virus Covid ke kampung halamannya," ungkap Emil, sapaan Ridwan Kamil dalam cuitan di media sosialnya, Senin (18/5/2020).

Emil pun dalam berbagai kesempatan meminta warga Jabar diimbau tidak mudik ke kampung halaman saat Lebaran tahun ini. Sebab, banyak kasus pemudik menularkan Covid-19 ke orangtua dan keluarga di kampung halamannya. Hal ini pun terjadi di Jabar, contohnya di Kab. Ciamis, Kab. Canjur, Sumedang, dan Kota Bandung.

Berdasarkan data yang diunggah Emil, Kota Garut menduduki uturan pertama pemudik terbesar. Disusul Kota Bekasi dan Kab. Ciamis. "Kab. Garut harus paling waspada karena potensi pemduiknya paling besar se-Jabar," tulis Emil.

Ia berpendapat sekarang ada dua pilihan, yakni membawa kebaikkan dengan silaturahmi mudik dan mencegah kematian dengan tidak mudik. "Pilihlah pilihan kita yakni mencegah kematian dengan tidak mudik, karena enggak menularkan virus," katanya.

Menurutnya, dalam ajaran Islam juga disebutkan jika ada pembawa kebaikkan dan mencegah kemadaratan, maka yang didahulukan adalah mencegah kemudaratan.

Emil juga membenarkan, menjalang Lebaran ada peningkatan arus lalu lintas di Jabar. Saat awal PSBB minggu lalu kondisi lalu lintas sempat 20 persen, tapi rata-rata di angka 30 persen.

Namun, kata Emil, 3 hari terakhir ini, kondisi lalu lintas mendekati angka 40 persen. Oleh sebab itu, ia meminta kepada Kapolda dan Pangdam agar melakukan siaga satu di semua waktu mulai hari ini (Senin, 19 Mei 2020) hingga menjelang Lebaran.

"Kondisi lalu lintas akhir-akhir ini menunjukkan geliat adanya peningkatan. Dalam 1-2 hari ini banyak warga yang pergi ke pasar dan berbondong-bondong ke berbagai tempat. Ini harus diantisipasi, jangan sampai keberhasilan PSBB akan terganggu dengan dinamika menjelang Lebaran," ujar Emil.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X