Kejari Ciamis Dampingi Penggunaan Anggaran Covid-19

- 18 Mei 2020, 20:25 WIB
Kasi Datun Kejari Ciamis Ahmad Affandi

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Ciamis mendampingi penggunaan anggaran yang dikeluarkan Pemda Ciamis dalam upaya Penanganan Covid-19. Pos anggaran yang diawasi agar tak terjadi penyimpangan hukum itu berasal dari Biaya Tak terduga (BTT).

Kasi Datun Kejari Ciamis, Ahmad Affandi mengatakan, Pemda Ciamis sejak tanggal 24 April 2020 telah melayangkan surat untuk kegiatan pendampingan di beberapa OPD di Kabupaten Ciamis.

"Memang Kejaksaan Ciamis melalui Bidang Perdata dan TataUusaha Negara (Datun ) melakukan pendampingan Biaya tak Terduga (BTT) Pemkab Ciamis di beberapa OPD dengan total anggaran Rp 11 miliar," terang Ahmad, Senin (18/5/2020).

Namun dalam pendampingan itu, kata Ahmad, Kejari Ciamis sangat terbatas dan hanya mengawasi pendataan yang saat ini sedang berjalan. Sedangkan untuk memberikan masukan dan saran, hanya diperlukan dalam permasalahan hukum yang nantinya ditanyakan Oleh tim pengadaan.

"Memang disini kami menghindari dalam pengambilan keputusan dan bersifat objektif profesional. sehingga dilarang memberikan intervensi dalam pengambilan keputusan yang diajukan oleh Pemda Ciamis," terangnya.

Menurut Ahmad, sampai saat ini kegiatan penanganan Covid-19 masih berjalan selama 24 jam secara bergantian dengan lancar dan terus bertahap. Ia juga menambahkan, anggaran Rp 11 miliar yang sekarang digulirkan dalam percepatan penanganan Covid-19 ada di empat SKPD, yaitu Dinas Perhubungan, Pemda, Rumah Sakit Umum Ciamis dan Dinas Kesehatan.

"Kalau diperjalan ada indikasi penyelewengan anggaran ataupun ada temuan tanpa ada bimbingan, kami akan mengirim surat ke Pemda untuk mengajukan pemberhentian pendampingan," pungkasnya.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

X