Salat Id Hanya Diperbolehkan di Desa/Kelurahan Zona Hijau

- 19 Mei 2020, 17:19 WIB
Ilustrasi Salat Idulfitri

PEMPROV Jabar masih menganjurkan masyarakat untuk melaksanakan salat Idulfitri 1441 H di rumah saja. Pasalnya, dipastikan mayoritas daerah di Jawa Barat belum ada yang dinyatakan zona hijau, yakni tidak memiliki kasus Covid-19.

Anjuran itu pun sesuai dengan fatwa imbauan yang disampaikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar.
"Sesuai anjuran Pak Gubernur dan melihat kondisi sekarang, maka salat Idulfitri dilaksanakan di rumah saja. Kecuali bagi daerah, khususnya desa/kelurahan yang sudah dinyatakan level hijau. Salat Idulfitrinya boleh dilakukan di masjid atau di lapangan," tutur Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, Daud Achmad dalam konferensi pers di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (19/5/2020).

Jika ada desa/keluarahan yang dinyatakan level hijau dan boleh melaksanaan salat Idulfitri di masjid/lapangan, maka Daud memprediksi desa/kelurahan tersebut akan menjaga ketat wilayahnya.

"Artinya, orang selain warga desa/keluarahan itu pasti tidak boleh masuk ke wilayahnya. Oleh sebab itu, bagi daerahnya yang belum dinyatakan boleh untuk melakukan aktivitas berkerumun sebaiknya salat Idulfitrinya di rumah saja," imbuh Daud.

Dikatakan, kunci dari keberhasilan menekan kasus Covid-19 adalah komitmen. Komitmen dari seluruh pihak, mulai dari pimpinan hingga masyarakatnya. Komitmen untuk tidak berkerumun, menjaga protokol kesehatan, menggunakan masker, hingga komitmen untuk mencuci tangan.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X