Satgas Citarum Harum Terapkan Protokol Kesehatan dalam Setiap Kegiatan Selama Pandemi Covid-19.

- 19 Mei 2020, 19:49 WIB

SATUAN Tugas (Satgas) Citarum Harum harus membuat protokol dalam melakukan setiap kegiatan. Hal itu dilakukan agar program Citarum Harum berjalan optimal di tengah pandemi Covid-19. 

"Harus ada protokol baru dalam melakukan kegiatan Satgas Citarum Harum. Karena setelah Covid-19, cara kerja kita tidak bisa sama," kata Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat menggelar video conference bersama Satgas Citarum Harum di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (19/5/2020). 

Emil, sapaan Ridwan Kamil berharap program strategis lintas sektor tersebut dapat memperlihatkan progres pada tahun 2023 mendatang. Maka itu, ia meminta Satgas Citarum melaporkan perkembangan terkini penanganan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. 

"Saya minta juga karena Citarum ini multidimensi, maka persentase kemajuan tiap minggu harus ada update. Ibarat uploading, per hari ini sudah ada berapa persen dari 100 persen, sehingga ukurannya menjadi ilmiah. Saya minta ada inovasi itu," ucapnya.

Selama pandemi Covid-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Emil menginstruksikan Satgas Citarum untuk disiplin jaga jarak dan menggunakan masker saat berkegiatan. Ia juga meminta Komandan Sektor (Dansektor) untuk memperhatikan level kewaspadaan di wilayah kerjanya. 

"Level kewaspadaan (Covid-19) akan dilaporkan ke Satgas untuk dilaporkan ke Dansektor. Dansektor akan tahu sektor mana yang masuk zona biru dan hijau," katanya. 

"Jadi itu, protokol baru, target baru, sehingga minggu depan target konkret sampai akhir 2020 bagaimana sudah bisa direncanakan," tambahnya. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, tim ahli Satgas Citarum mengusulkan agar penanganan DAS Citarum tetap berjalan selama pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

 

Halaman:

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X