PSI Sisir Puskesmas & Terminal Sekitar Bandung Bagikan ADP dan Jerigen untuk Cuci Tangan

- 19 Mei 2020, 22:09 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan akan melanjutkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara proporsional. Karena menjelang berakhirnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat provinsi di Jawa Barat belum ada satupun kabupaten/kota yang berstatus level 1 atau zona hijau, maka

Berdasarkan hasil rapat koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar, dari 27 kabupaten/kota, terdapat 14 kabupaten/kota berada pada level 4 atau zona merah, 9 kabupaten/kota berada pada level 3 atau zona kuning, sedangkan zona biru atau level 2 ada 4 kabupaten/kota.

Menyikapi hal tersebut, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jawa Barat, berusaha untuk terus bergotong royong melakukan upaya preventif. Kader-kader PSI Jabar menyisir beberapa puskesmas, rumah sakit bersalin  dan terminal angkutan umum di sekitaran Bandung Raya, membagikan APD dan jerigen untuk cuci tangan warga/publik.

“Kita sempat membagi Alat Pelindung Siri (APD) dan jerigen untuk cuci tangan ke Rumah Sakit Bersalin Al Islam, jalan Awibitung Cicadas, Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Jl. Raya Kopo No. 133 Kota Bandung, Puskesmas Cibeber Cimahi, Puskesmas Cimahi Tengah, Puskesmas Cigugur Cimahi, Puskesmas Melong Asih Cimahi Selatan, RS Avicena Cimahi, Terminal Bis Cicaheum dan Terminal Bis Leuwipanjang. Rabu Besok rencananya akan dilanjutkan ke beberapa Puskemas di Garut diantaranya, Puskesmas Ranca salak, Puskesmas Leles dan Puskesmas Karangpawitan.” jelas Corfied Magetan, kordinator kegiatan. Selasa, (18/5).

Sementara itu Ketua PSI Jawa Barat, Furqan AMC menegaskan bahwa, Jawa Barat adalah provinsi dengan puskesmas terbanyak, ada 1.069 puskesmas berdasarkan data Kemenkes 2019. Sebagai salah satu garda terdepan dalam perang melawan Covid-19, puskesmas-puskesmas harus diperkuat, salah satunya kita bantu dengan APD untuk para tenaga medis. Ada ratusan puskesmas yang disambangi oleh kader-kader PSI seluruh Indonesia di ratusan kabupaten/kota, diantaranya di Jawa Barat. Adapun jerigen untuk cuci tangan didistribusikan ke beberapa terminal bis guna mengantisipasi mobilitas warga menjelang ‘idul Fitri, walaupun masyarakat jauh-jauh hari sudah dihimbau untuk tidak mudik dulu.

“Kegiatan hari ini adalah kelanjutan dari rangkaian berbagai kegiatan kader-kader PSI di seluruh Jawa Barat khususnya dan di Indonesia umumnya dalamperang melawan Covid-19. Ada rangkaian penyemprotan disinfektan, berbagi masker, solidaritas beras, berbagi telur, berbagi nasi kotak, berbagi APD untuk tenaga medis dan lain-lain. Bahkan aleg-aleg PSI di berbagai daerah menyumbangkan gajinya untuk membantu rakyat.” tegas Furqan yang juga aktivis 98 ini.

Sementara Kamis dan Ju’mat depan DPW PSI Jawa Barat akan lanjut dengan program solidaritas beras dan berbagi ribuan masker, tambah Furqan.

Untuk diketahui, ada 10.134 Puskesmas di seluruh Indonesia dan sekitar 4.000 puskesmas memiliki rawat inap. Dalam rapat terbatas (Ratas), Senin 18 Mei 2020, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa puskesmas dan jaringannya bisa diaktivasi menjadi simpul dalam pengujian sampel dalam pelacakan dan penelusuran kasus Covid-19 yang ada di lingkungan wilayah itu, juga menjadi simpul pemantauan ODP dan OTG.

Editor: boedi azwar


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X