247 Warga Joyotakan Jalani Rapid Test, Gegara Satu Keluarga Positif Covid-19

- 20 Mei 2020, 20:46 WIB

SEBANYAK 247 orang warga Kelurahan Joyotakan, Kecamatan Serengan, Kota Solo, Rabu (20/5/2020) menjalani rapid tes yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota (DKK). Di wilayah tersebut, beberapa hari lalu kedapatan 7 orang dalam satu keluarga terkonfirmasi positif virus corona (Covid 19). 

Hasil rapid tes di dua titik terhadap 97 kepala keluarga yang sejak ada keluarga terpapar Covid 19 harus menjalani karantina wilayah, menurut petugas DKK akan segera diketahui. DKK menerjunkan 17 orang tenaga medis dari sejumlah Puskesmas untuk mengambil sampel darah warga, termasuk balita dan warga lanjut usia yang harus dirapid tes. 

“Rapid tes hari ini sebagai tindak lanjut karantina wilayah terhadap warga Joyotakan. Seluruhnya ada 247 orang yang kami ambil darahnya untuk rapid tes. Dari rapid res ini kita mengetahui kondisi kesehatan, terutama terkait kemungkinan paparan virus corona di wilayah ini,” tutur Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) DKK Solo, dokter Tenny Setyoharini, kepada wartawan. 

Dokter Tenny menyatakan, dalam pelaksanaan rapid tes tersebut, seluruh warga secara kooperatif mengikuti pengambilan darah. Dalam pengambilan darah tersebut, ada beberapa balita yang takut diambil contoh darahnya dan sejumlah warga lansia yang ke lokasi rapid tes harus dibantu keluarganya. 

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, yang memantau jalannya rapid tes bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Solo, ingin memastikan pelaksanaannya berjalan lancar dan semua warga diambil sampel darahnya.

Kedatangan Wali Kota Solo ke Kelurahan Joyontakan juga untuk meninjau apakah warga yang menjalani karantina mengikuti protokol kesehatan dan kebutuhan pokok warga dalam menjalani karantina wilayah yang dijamin Pemkot Solo selama 14 hari tercukupi. 

“Kita berharap warga mengikuti protokol kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat. Jangan lupa pakai masker dan tidak usah keluar rumah," ujar Wali Kota Hadi Rudyatmo. 

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X