Wabub Ciamis : Penerima BLT dari Dana Desa Harus Tepat Sasaran

- 21 Mei 2020, 20:28 WIB

PENERIMA Bantuan Langsung Tunai yang dianggarkan dari Dana Desa harus tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan dan terdampak Covid-19.

Hal tersebut dismpaikan Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra saat memberikan sambutan pada kegiatan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT -DD) yang diselenggarakan Pemerintah Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis, Kamis (21/5/2020).

"Jangan sampai memilih penerima manfaat atas dasar kekerabatan, namun harus objektif dalam menentukan standar atau kriteria yang harus mendapat bantuan akibat dampak Covid-19," tegas Yana.

Kelemahan kita kata Yana, di tingkat Nasional sampai Kabupaten belum memiliki data dinamis terkait jumlah orang miskin yang memerlukan bantuan, yang ada hanya data statis dan itu pun dari hasil pendataan 2015.

"Kedepan Ciamis, untuk di level Kabupaten harus ada database yang dinamis terkait masyarakat miskin minimal1 tahun sekali diupdate," paparnya.

Yana juga mengimbau masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dan physical distancing dalam setiap aktifitasnya.

"Kalau tidak ada keperluan mendesak minimalisir keluar rumah, diharapkan semua masyarakat disiplin dalam mematuhi peraturan-peraturan yang dikeluarkan dalam rangak pencegahan Covid-19," imbaunya.

Sementara itu, Kepada Desa Ciomas Yoyo Wahyono mengungkapkan, target untuk penyerahan BLT-Dana Desa sudah dari jauh hari direncanakan untuk dibagikan.

"Cuma ada imbauan dari bupati terkait dana BLT-DD merupakan benteng terakhir untuk penyaluran bantuan kepada masyarakat, agar penerima manfaat tidak sampai ganda kita menunggu realisasi bantuan dari pusat dan bansos dari provinsi," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X