105 Tewas Tiga Selamat, Mesin Tak Berfungsi Pesawat Airbus A320 Pakistan Jatuh di Permukiman Karachi

- 22 Mei 2020, 19:01 WIB

Pesawat Pakistan International Airlines (PIA) Airbus A320 yang tengah mengangkut 108 penumpang jatuh di area permukiman padat penduduk Kota Karachi, Jumat (22/5/2020) petang. Dikutip dari DailyMail, 105 penumpang tewas dan tiga orang selamat.

Salah satu penumpang yang berhasil dievakuasi diketahui bernama Zaafar Masood yang juga Presiden Bank of Punjab. Duduk di seat 1C bersama dua penumpang lainnya yang belum diungkap identitasnya, Zafaar ditemukan dalam kondisi relatif tanpa cedera parah.

Kepada reporter di rumah sakit ia mengaku bersyukur. "Terima kasih banyak pada semuanya. Tuhan Yang Maha Pengasih masih memberiku kesempatan," ungkapnya.

Sejumlah saksi menyebut pesawat yang lepas landas dari Lahore sebelumnya tiga kali melakukan percobaan pendaratan di Jinnah International Airport. Namun upaya pilot tak membuahkan hasil hingga akhirnya pesawat jatuh di Model Colony dalam upaya pendaratan keempat.

Beberapa saat sebelum kecelakaan, pilot mengirim pesan darurat kepada menara pengawas dan menyebut kedua mesin pesawat tak berfungsi. Pesawat mengangkut 99 penumpang dan sembilan orang kru.

Jatuh di area permukiman sekitar dua mil dari bandara korban akibat tragedi kali ini diperkirakan bertambah. Menyusul kecelakaan yang membuat warga panik ini tentara Pakistan diturunkan ke lokasi guna menyisir korban selamat.

Hingga kini belum didapat informasi mengenai detail kondisi korban. Pesawat lepas landas dari Lahore menuju Jinnah dengan estimasi waktu sekitar 90 menit. Menanggapi tragedi yang terjadi hanya dua hari menjelang Hari Raya Idulfitri ini Presiden Imran Khan mengucapkan turut berdukacita.

Editor: Mia Fahrani


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X