Ridwan Kamil: Lebaran atau Bukan, Tetap Jaga Jarak

- 24 Mei 2020, 12:50 WIB

GUBERNUR Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil salat Idulfitri bersama keluarganya di rumah dinas gubernur di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (24/5/2020).

Usai salat, ia mengatakan, salat Idulfitri 1 Syawal 1441 H ini tidak mengurangi hikmah Ramadan yang telah dilalui meski Lebaran kali ini tidak digelar di masjid atau lapangan karena kondisi pandemi Covid-19.

Ia menilai, Idulfitri merupakan perayaan kemenangan, bukan merayakan baju baru atau mudik pulang kampung.

"Pada dasarnya sama, kita tetap menyelesaikan Ramadan dengan paripurna dan mengambil hikmah dari Ramadan yaitu kita dilatih selama sebulan untuk melatih hawa nafsu dunia dan mengalahkan kemudaratan," ucapnya di situs resmi Pemprov Jabar.

"Perbedaan (Idulfitri tahun ini) hanyalah cara di saat pandemi Covid-19 kita tidak bisa beramai-ramai ke lapangan karena situasi belum terkendali," tambahnya.

Idulfitri atau bukan, Ridwan mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga jarak dan menjauhi keramaian demi memutus rantai persebaran Covid-19 di Jabar.

"Ada atau tidak ada Idulfitri menjaga jarak dan jauhi kerumunan adalah kewajiban kita karena kita sedang berperang melawan Covid-19," tuturnya.

"Kita fokus sampai akhir penyelesaian (penanggulangan) Covid-19, Insyaallah kita hidup di normal baru dengan cara yang lebih baik," imbuhnya.

Kepada warga Jabar, Ridwan atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Provinsi Jabar turut mengucapkan maaf lahir batin seraya mendoakan warga Jabar agar diberikan hikmah untuk hidup lebih baik.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X