Tingkatkan Koleksi Nuklir, Kembali Bantah Spekulasi Presiden Korut Kim Jong-un Pimpin Rapat Militer

- 24 Mei 2020, 20:34 WIB

Menjadi spekulasi selama hampir dua bulan, Presiden Korea Utara Kim Jong-un akhirnya benar-benar menyapa publik. Sempat muncul di media awal Mei lalu dalam peresmian pabrik pupuk setelah ramai diberitakan dalam kondisi kritis hingga tutup usia, foto yang dirilis Korean Central News Agency (KCNA) kala itu diragukan autentisitasnya.

Namun dikutip dari DailyMail, Minggu (24/5/2020) Kim hari ini kembali terlihat memimpin pertemuan militer. Keterangan departemen militer Partai Pekerja, Seventh Military Central Commission, Kim menegaskan tekadnya untuk meningkatkan kewaspadaan angkatan bersenjata Korut.

"Pertemuan membahas sejumlah kebijakan baru yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas nuklir dan memastikan pasukan bersenjata strategis Korea Utara dalam keadaan siaga dan siap tempur," demikian pernyataan pihak partai 

KCNA juga mengungkap tekad Kim untuk memperbarui koleksi militer sebagai persiapan menghadapi perang kontra pasukan asing yang diklaim sewaktu-waktu kemungkinan pecah. Dari serangkaian foto yang dirilis salah satunya memperlihatkan briefing sang pemimpin tertinggi di hadapan pejabat militer.

Bulan lalu Kim menjadi berita setelah absen dari peringatan hari besar Korea Utara. Sesuatu yang nyaris tak pernah terjadi sebelumnya. Setelah itu spekulasi bermunculan mulai dari kabar mengenai operasi jantung yang disebut gagal menyelamatkannya hingga tudingan menggunakan body double atau orang yang mirip dengannya pada 1 Mei lalu saat meresmikan pabrik pupuk.

Editor: Mia Fahrani


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X