Ini Alasan Pemerintah Berikan Remisi pada Ustadz Abu Bakar Ba'asyir dan Gayus Tambunan

- 25 Mei 2020, 15:13 WIB

TERPIDANA Abu Bakar Ba'asyir dan Gayus Tambunan menerima remisi khusus Hari Raya Idulfitri 1441 H. Ba'asyir menerima remisi 1 bulan 15 hari.

Sementara Gayus mendapat potongan hukuman selama 2 bulan.

Kabag Humas Ditjen PAS Kementerian Hukum dan HAM, Rika Apriyanti menjelaskan, remisi khusus yang diberikan kepada Ba'asyir dan Gayus sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Menurut Rika, keduanya berkelakuan baik selama menjalani pidana.

"Tidak melanggar peraturan di dalam, dan peraturan-peraturan lain yang sesuai diterapkan baik persyaratan administratif maupun substantif untuk memenuhi, mendapatkan remisi Idulfitri tahun ini," ujar Rika seperti dilansir merdeka.com, Senin (25/5/2020).

Sehari sebelumnya, sebanyak 588 narapidana di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur Bogor mendapat remisi khusus di Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah.

Kepala Lapas Khusus IIA Gunung Sindur Mulyadi mengatakan, remisi khusus atau pengurangan masa hukuman diberikan sebagai pemenuhan hak narapidana di Hari Raya Idulfitri. Ada dua remisi yaitu remisi khusus I berupa pengurangan hukuman dan remisi kusus II atau bebas.

"Jumlah penerima remisi ada 588 WBP (warga binaan permasyarakatan)," kata Mulyadi, Minggu (24/5/2020).

Mulyadi merinci, untuk remisi khusus I sebanyak 571 WBP dan khusus II sebanyak 18 WBP atau bebas dari penjara karena masa penahanannya hanya tersisa hitungan bulan. Untuk narapidana yang tidak mendapatkan remisi khusus Idulfitri 2020 ada 247 orang.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X