Bank bjb Utamakan Penerapan GCG Sebagai Lembaga Jasa Keuangan

- 26 Mei 2020, 13:03 WIB

SEBAGAI salah satu lembaga jasa keuangan (LJK) resmi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan merupakan perusahaan publik, bank bjb akan selalu mengutamakan Good Corporate Governace (GCG) dalam menjalankan setiap aktifitas bisnisnya dan senantiasa menjadikan GCG sebagai pijakan dalam setiap pengambilan keputusan sekaligus kompas yang mengarahkan langkah usaha bank bjb.

Bukti kesungguhan penerapan GCG di bank bjb dapat dilihat dari berbagai penghargaan yang diraih beberapa waktu lalu dari berbagai institusi. Tak terkecuali dari lembaga antirasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), TOP GRC (Governance, Risk & Compliance), The 11th Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) dan lainnya.

Salah satu praktik GCG di bank bjb diterapkan dengan cara membuat penyesuaian struktur organisasi berdasarkan kompleksitas usaha bank, menetapkan ketentuan-ketentuan internal, serta mempersiapkan sumber daya manusia kompeten. Selain itu, juga terus meningkatkan integritas pegawainya agar mampu menjadi pribadi yang berpegang teguh pada prinsip akuntabilitas dan menegakkan profesionalisme.

"Karena pada hakikatnya bank bjb akan tetap menjalankan fungsinya sebagai perbankan sesuai dengan koridor utamanya yaitu bank pembangunan daerah (BPD), dimana visi dan misinya adalah menjadi 10 bank terbesar berkinerja baik di Indonesia, dan menjadi agen pembangunan daerah, khususnya di Jawa Barat dan Banten," ujar Pemimpin Divisi Corporate Secretary bjb, Widi Hartoto, dalam siaran persnya, Selasa (26/5/2020).

Peran sentral bank bjb sebagai BPD/BUMD yang menjadi motor penggerak telah dipahami betul oleh setiap insan perseroan. Karenanya, dalam setiap langkah usaha yang ditempuh, semangat untuk memberikan dampak positif terhadap perkembangan daerah selalu menjadi roh dan diyakini dalam setiap upaya menggariskan kinerja terbaik bagi perusahaan, kesadaran akan pentingnya memberi dampak bagi perkembangan daerah selalu hadir sebagai prioritas utama. Buktinya baru-baru ini bank bjb dianugerahan sebagai TOP BUMD 2020 oleh Infobank.

Beberapa kegiatan yang terus digalakan dilakukan dalam menangani dampak dan pencegahan covid 19 tidak urung disandingkan dalam bisnis dan layanan sebagai jasa keuangan, kegiatan rohaniah pun di bulan suci ramadan 1441 H seperti "Ramadhan Online Bank BJB” yang selalu diadakan oleh BAPEKIS tiap masuk bulan Ramadhan, kali ini tahun 2020 harus dilakukan dengan cara virtual.

"Tujuan utama kegiatan ini dalam rangka mengisi tausiyah bagi internal karyawan setelah waktu Dhuhur dan/atau waktu Ashar setelah jam kerja, namun seiring dengan cara virtual sehingga dapat dinikmati pula oleh masyarakat," tambahnya.

Sebagai informasi, program Ramadhan Online merupakan program yang dijalankan oleh Badan Pembina Kerohanian Islam (BAPEKIS) bank bjb yang merupakan organisasi / klub dakwah agama Islam diluar struktur organisasi perusahaan namun tetap dalam pengawasan bank bjb.

Ketua Bapekis, Deyna Wahyu Kharisma pun menyampaikan "Kegiatan yang sepanjang dipandang mendapatkan tempat yang baik dan bermanfaat bagi karyawan bank bjb, apalagi bagi masyarakat yang menginginkannya, kedepannya kami akan terus tingkatkan kualitas dari sisi materi dan pemberi materi, tentunya bertujuan syiar yang dengan mengedepankan Islam rahmatan lil alamin".

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X