Ketua Komisi II DPRD Minta Pemprov Jabar Perhatikan Lumbung Pangan Desa

- 26 Mei 2020, 17:43 WIB

KETUA Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Rahmat Hidayat Djati mendorong agar Pemerintah Provinsi Jawa Barat memperhatikan produk pertanian dan perkebunan lokal dalam rangka memperkokoh ketahanan pangan sebagai dampak dari covid-19 di Provinsi Jawa Barat.

Seperti aktivasi lumbung-lumbung pangan desa sebagai gerakan ketahanan pangan juara lahir batin di Jawa Barat harus di maksimalkan.

"Selain penanganan kasus-kasus covid-19, Pemprov Jabar  juga harus memiliki gagasan ketahanan ekonomi dan pangan, sebab gejala krisis pangan sudah nampak," ujar Rahmat dalam rilis yang diterima galamedianews, selasa (26/5/2020).

Menurutnya, kini beberapa negara Asia telah menutup ekspor pangan ke Indonesia.

"Artinya kita semua harus menyiapkan situasi ini dengan memperkuat keberadaan para petani. Apalagi potensi di Jabar ini sangat luar biasa bagus dan luas," paparnya

Selain itu, Menurut Rahmat, akibat dari diberlakukannya phsycal distancing covid-19, banyak masyarakat Jabar yang kehilangan penghasilan. Akibatnya, daya beli masyarakat saat ini menurun.

Namun demikian kata dia, hal itu bisa diatasi jika pemerintah Provinsi Jabar serius meningkatkan produk pertanian, perkebunan dan peternakan.

"Kami di komisi II sudah mengusulkan menyarankan agar ada peningkatan stimulus terhadap petani, nelayan dan peternak serta pembudidaya lokal."paparnya.

"Kita dorong mereka dengan bantuan yang memadai," tegasnya.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X