Pandemi Covid-19, Stok Darah Semua Golongan Jadi Langka

- 27 Mei 2020, 14:14 WIB
ilustrasi

PALANG Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung memastikan, di tengah pandemi Covid-19 kelangkaan darah tidak hanya terjadi pada golongan darah AB saja, melainkan semua golongan.

Menurut Kasubag Infokom PMI Kota Bandung, Priyo Handoko, hal tersebut terjadi karena aktivitas pendonor yang semakin jarang.

"Sekarang hampir semuanya, hanya memang golongan AB agak susah didapat terutama sekarang, dimasa Covid seperti ini susah sekali. Sekarang ini semua golongan hampir rata karena donor aktifnya itu sekarang jarang," kata Priyo Handoko, Rabu (27/5/2020).

Untuk memenuhi kebutuhan darah di Kota Bandung, PMI Kota Bandung kini tengah membuka layanan donor selama 24 jam.

"Kebanyakan sekarang itu kita memberlakukan donor keluarga dan donor 24 jam. Tapi tetap masih kurang sekali untuk memenuhi kebutuhan darah di Kota Bandung karena kan kebutuhan darah di kota bandung itu rata-rata hampir 400-450 labu perhari," jelasnya.

Dia memprediksi, pendonor akan kembali aktif ketika situasi sulit akibat Corona usai. Tentu dengan dibantu partisipasi keluarga donor darah (KDD).

"Insyaallah stok darah akan normal kembali apabila situasi seperti sekarang sudah berakhir. Dikarenakan kegiatan Mobil Unit dapat dilaksanakan kembali, dan PMI Kota Bandung akan berkoordinasi dengab instansi-instansi dan KDD untuk dapat bekerjasama kembali untuk berdonor dara," pungkasnya.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X