Ratusan Pedagang Pasar Antri Cimahi Jalani Swab Test

- 27 Mei 2020, 15:37 WIB

SEBANYAK 100 orang pedagang Pasar Antri Kota Cimahi menjalani swab test yang berlangsung di Pendopo DPRD Kota Cimahi Jalan Djulaeha Karmita, Rabu (27/5/2020). Selain pedagang, ada pula 30 orang lainnya yang ikut menjalani swab test.

Mereka yang menjalani swab test ini merupakan pedagang dan keluarga yang berinteraksi langsung dengan dua pedagang yang positif Covid-19. Mereka secara bergiliran menjalani swab test yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi.

Seperti diketahui 2 orang pedagang di Pasar Antri positif Covid-19, setelah menjalani swab test beberapa waktu lalu. Satu dari Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang berjualan kelontongan di blok C bawah, dan satu dari Kota Cimahi yang berjualan kerudung dan aksesoris di blok B atas.

Sekretaris Dinkes Kota Cimahi, Chanifah Listyarini mengatakan, swab test ini dilakukan sebagai tindaklanjut dari adanya 2 pedagang Pasar Antri yang positif covid-19.

"Kita targetnya hari ini 130 orang yang menjalani swab test. Mereka adalah pedagang yang kontak erat dan anggota keluarga yang bersangkutan," katanya.

Selanjutnya hasil swab test ini akan langsung dikirim ke Labkesda Jabar. Sementara hasilnya akan diketahui dalam seminggu ke depan. "Mudah-mudahan secepatnya hasilnya keluar," ujar Chanifah.

Sementara pedagang yang belum dilakukan test, menurut Chanifah, akanenjalani rapid test. Sedikitnya ada 800 pedagang yang berjualan di Pasar Antri.

"Jika hasil rapid test reaktif, maka otomatis akan dilanjutkan dengan swab test," ucapnya.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Kearsipan dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi, Harjono menyampaikan, apabila ada warga yang pernah berkunjung ke Pasar Antri merasa mengalami gejala gangguan kesehatan, seperti demam, penurunan fungsi indra penciuman dan perasa, serta diare untuk segera memeriksakan ke Puskesmas.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X