Plt Dirut PSUD Cibabat: Tingkatkan Imunitas Cara Sembuhkan Pasein Covid-19

- 27 Mei 2020, 16:02 WIB

SEJUMLAH pasien positif Covid-19 saat ini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, Kota Cimahi. Untuk menyembuhkan pasien tersebut, RSUD Cibabat melakukan sejumlah, cara salah satunya dengan memberikan asupan obat antivirus, yakni Oseltamivir.

Plt Direktur Utama RSUD Cibabat, dr. Reri Marliah menjelaskan, penyembuhan pasien positif Covid-19 yang terpenting adalah meningkatkan imunitas dengan memberikan suplemen dan vitamin, serta pasokan makanan 4 sehat 5 sempurna.

"Pasien yang dirawat diberikan suplemen seperti yang mengandung vitamin C, E, Zi, dan D. Serta makanannya yang tinggi kalori dan tinggi protein," ungkapnya saat dihubungi, Rabu (26/5/2020).

Selain itu, lanjut Reri, pasien juga diberikan obat antivirus, yakni Oseltamivir. Obat ini berfungsi untuk sintomatik atau mengurangi gejala Covid-19.

"Seperti flu, saat minum obat flu bukan berarti menyembuhkan. Intinya anti body atau imun kita yang harus bekerja dengan baik. Bagaimana imunitas kita supaya tinggi, yaitu kasih makanan yang sehat dan pola hidup yang sehat," ungkapnya.

Reri mengatakan, obat Oseltamivir saat ini telah umum digunakan di sejumlah rumah sakit yang menangani pasien positif Covid-19.

"Obat antivirus Oseltamivir ini bukan untuk sembarang pasien, khusus untuk pasien positif Covid," terangnya.

Terkait efek samping dari obat Oseltamivir, Reri mengatakan, jika setiap obat kimia pasti ada efek samping. Namun obat Oseltamivir diklaim memiliki efek samping yang cukup minim.

"Setiap obat itu kan kimia, pasti ada efek samping, tapi obat Oseltamivir ini efek sampingnya minimal," ujarnya.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X