Antisipasi 1,4 Juta Orang Balik ke Jabodetabek, Pemprov Jabar Perketat Penjagaan di 24 Titik

- 27 Mei 2020, 16:51 WIB
ilustrasi /dok

Pemprov Jabar akan memperketat pos penyekatan guna mengantisipasi arus balik. Di Jabar terdapat 24 titik penyekatan dengan 176 cek poin PSBB.

Sedangkan jumlah pemudik Lebaran tahun ini mencapai 1,4 juta orang, 37 persennya atau sekitar 540.000 orang tujuannya ke wilayah Jabar.

"Jabar juga menjadi salah satu wilayah yang menjadi lintasan para pemudik. Hal ini tentu harus diantisipasi untuk pencegahan penyebaran Covid-19 melalui mobilitas," ungkap Kepala Dinas Perhubungan, Hery antasari saat konferensi pers di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, rabu (27/5/2020).

Menurut Hery, sesuai arahan pusat arus balik harus diantisipasi untuk mengurangi kasus Covid-19 di episentrum (Jabodetabek) agar tidak terjadi lonjakan kasus setelah arus balik.

"Oleh sebab itu penyekatan dan filterisasi menjadi bagian dari solusinya. Termasuk adanya surat izin keluar masuk (SIKM) di wilayah Jabodetabek yang keluarkan Gubernur DKI Jakarta," katanya.

Ia mengatakan, meski daerah Bodebek masuk wilayah Jabar, namun wilayah itu merupakan mirroring Jakarta atau penyangga ibu kota. Oleh karenanya daerah Bodebek menjadi satu kesatuan dari DKI, makanya Pemprov Jabar mengikuti aturan SIKM.

Ia menyebutkan jumlah kendaraan yang dikembalikan selama PSBB berlangsung hingga 25 Mei 2020 sebanyak 99.133 kendaraan. Terdiri atas 56.686 kendaraan roda dua, 39.291 roda 4, dan sisanya bus.

Terkait new normal dalam sektor perhubungan, pihaknya akan mengikuti prosedur dari pemerintah pusat dalam hal ini kementerian perhubungan. Tentunya, dari ketiga transportasi umum plus kereta api memiliki karakter masing-masing.

Oleh karenanya, kata Hery protokol kesehatan yang dilakukan pun akan disesuaikan dengan karakter masing-masing transportasi.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X