Keputusan Belum Keluar, Pelaksanaan Ibadah Haji 2020 Terancam Batal

- 28 Mei 2020, 15:40 WIB

KANTOR Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat belum bisa memastikan kegiatan keagamaan dalam situasi new normal. Termasuk pelaksanan ibadah haji tahun 2020 ini.

Kanwil Kemenag Jabar masih menunggu surat edaran dari Menteri Agama.

"Pelaksanaan ibadah haji tahun ini belum bisa dipastikan, karena kami belum menerima informasi resmi dari otoritas Arab Saudi. Kemungkinan, jika tidak ada keputusan hingga awal Juni maka pelaksanaan ibadah haji ditiadakan, tapi itu tidak kami harapkan," kata Plt. Kakanwil Kemenag Jabar, A. Handiman Romdony saat konferensi pers di Gedung Sate Jalan Diponegoro Kota Bandung, Kamis (28/5/2020).

Ia berharap dalam waktu dekat ada kabar yang menggembirakan tentang pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Kendati demikian, kata Dony pihaknya sudah melakukan persiapan proses ibadah haji, misalnya melakukan manasik bagi calon jemaah. Meskipun dilakukan secara online.

"Termasuk proses pelunasan biaya ibadah haji bagi calon jemaah. Jadi, jika nanti pada waktunya ibadah haji diperbolehkan, maka Jabar insyaAllah sudah siap melaksanakannya," ungkap Dony.

Ia menambahkan aturan new normal bagi santri pun, pihaknya belum mengeluarkan kebijakan apapun. Sebab, masih menunggu edaran dari Meneg.

Ia mengharapkan dalam waktu dekat, satu atau dua hari ke depan keputusan dari menag sudah ada.

"Kami bisa merasakan masyarakat sudaj rindu untuk beribadah di tempat ibadahnya masing- masing. Begitu juga para santri. Namun, kita masih menunggu edaran dari menteri agama," katanya.

Menurutnya SOP yang nanti akan dikeluarkan, dipastikan tidak akan jauh dari protokol kesehatan pada umumnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X