Terima LKPJ Bupati Bandung 2019, DPRD Apresiasi Hattrick WTP

- 28 Mei 2020, 16:32 WIB
Penyerahan LKPJ oleh Bupati Bandung, Dadang M. Naser (ketiga kiri) kepada Ketua DPRD Kabupaten Bandung, Sugianto (ketiga kanan) saat rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Bandung, Soreang, Kamis (28/5/2020).

SECARA aklamasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung menerima Laporan Kinerja Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bandung Tahun 2019, dalam rapat paripurna yang digelar di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Bandung di Soreang, Kamis (28/5/2020).

Ketua Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Kabupaten Bandung, Cecep Suhendar mengatakan, bahwa selama pansus berlangsung, tidak ditemukan adanya kejanggalan ataupun catatan buruk dalam LKPJ Bupati Bandung Tahun 2019.

Pansus I pun sangat mengapresiasi atas pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, untuk yang ketiga kalinya.

"Ini berarti Bupati Bandung telah berhasil meraih opini WTP tiga kali secara berturut-turut. Itu prestasi yang sangat tinggi karena penilaiannya dilakukan oleh lembaga negara yang khusus ditugaskan melakukan audit dengan menggunakan standar akuntansi dan kinerja nasional," ujar Cecep kepada wartawan usai rapat paripurna, Kamis (28/5/2020).

Menurut Cecep, hattrick WTP yang diraih Pemkab Bandung ini merupakan prestasi yang tidak semua pemerintah daerah dapat mencapainya. Selain itu, Cecep menambahkan, Pansus I juga mengapresiasi pencapaian kinerja dari target pendapatan.

Meskipun penyerapan anggaran tidak mencapai 100 persen, menurut Cecep, anggota Pansus I memaklumi karena adanya lelang proyek yang tidak terserap. "Tapi itu presentasenya pun sangat kecil, di bawah 10 persen. Sehingga masih wajar," ucapnya.

Pansus I, kata politisi Partai Golkar itu, memberikan beberapa catatan. Di antaranya masih kurangnya sumber daya ASN di lingkungan Pemkab Bandung. Idealnya mencapai 23 ribu orang, tapi saat ini hanya terdapat 16 ribuan ASN.

Tak hanya itu, lanjut dia, Pansus juga memberikan catatan mengenai pentingnya meningkatkan pelayanan dan menggali potensi pendapatan asli daerah (PAD) yang lebih besar.

Sementara itu, Bupati Bandung, Dadang M. Naser meminta kepada seluruh jajaran OPD untuk segera menindaklanjuti segala masukan dan saran dari Pansus I LKPJ DPRD Kabupaten Bandung.

"Saya sangat berterimakasih atas segala dukungan dan masukan dari seluruh anggota DPRD Kabupaten Bandung. Saya harap sinergitas ini bisa dilanjutkan dalam penanganan Covid 19, khususnya saat memasuki New Normal pada Juni 2020 nanti," ungkap Dadang.

 

 

 

 


 

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X