PSBB Kota Tasikmalaya Dihentikan, Pindah ke Penerapan New Normal

- 28 Mei 2020, 17:29 WIB

PEMBATASAN Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tasikmalaya dipastikan tidak diperpanjang. Hal tersebut setelah Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Tasikmalaya, melakukan evaluasi Pembatasam Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap II, Kamis (28/5/2020).

Ketua Gugus Tugas Covid -19, Budi Budiman mengatakan, hasil keputusan PSBB tak diperpanjang dan Kota Tasikmalaya bersiap new normal. Kondisi itu sesuai instruksi Gubernur Jawa Barat.

Selain itu, dari hasil evaluasi PSBB tahap II, telah diputuskan bahwa PSBB tidak diperpanjang. Namun setelah itu, Kota Tasikmalaya bersiap diri mengaplikasikan kondisi new normal.

Secara teknis penerapannya akan seperti apa, kata Budi, Tim Gugus masih merumuskannya. Namun secara jelas saat ini Kota Tasikmalaya sudah keluar dari zona merah dan masuk zona kuning Covid-19.

"Keputusan PSBB tidak diperpanjang juga dampak dari PSBB tahap II di Kota Tasikmalaya yang dinilai tim Provinsi Jabar berhasil. Dibuktikan dengan kondisi penambahan yang positif covid landai," katanya.

Penerapan new normal dipastikan tidak akan ada lagi penyekatan jalan. Namun, masyarakat harus tetap menerapkan physical distancing dan menjaga pola hidup sehat.

"Protokol kesehatan harus tetap dijaga. Karena itu yang penting dan bukan artian Covid-19 sudah tidak ada. Tetapi kondisi kita telah membaik saat ini. Tempat keramaian, mal, dan lainnya akan dibuka lagi tapi diawasi ketat oleh tim Gugus Tugas," ujarnya.

Walaupun secara teknis masih dalam pembahasan, lanjut Budi, untuk siswa kembali belajar di sekolah belum diputuskan apakah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) akan dimulai Agustus atau kapan. "Kegiatan belajar mengajar di sekolah belum bisa diputuskan," katanya.

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X