Diskominfo SP Pemkot Solo Jamin PPDB 2020 Aman dengan Perangkat VPN

- 28 Mei 2020, 20:53 WIB

MENJELANG penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2020 yang dilaksanakan dengan sistem daring atau online, Pemkot Solo menyatakan saat ini persiapan sudah beres. Bahkan, Pemkot Solo  menjamin server dalam keadaan aman dan dapat digunakan secara maksimal.

Kepala Seksi (Kasi) Infrastruktur Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo SP) Pemkot Solo, Taufan Redina mengatakan, ketika menerima inspeksi mendadak Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solo, Kamis (28/5/2020), menjelaskan, pihaknya akan mengatisipasi kemungkinan adanya peretas saat proses PPDB sedang berlangsung. Dalam sistem jaringan PPDB, Pemkot Solo menggunakan perangkat virtual private network (VPN) sebagai pengaman data dasar.

“Server kita yang terhubung dengan data Dispendukcapil sudah pakai VPN. Jadi data yang tersimpan diamankan menggunakan jalur khusus,” kata Taufan Redina di depan Komisi IV DPRD.

Kasi Infrastruktur Diskominfo SP itu menjamin, perangkat VPN mampu menangkal peretas atau hacker yang menyerang laman resmi PPDB. Selain itu, Diskominfo SP juga berupaya mengantisipasi serangan peretas yang memiliki kemampuan lebih tinggi menggunakan pengaman laman  HTTP Secure.

“Bahkan, kalau ada hacker yang canggih banget, kita amankan dengan https. Info dari Dispendukcapil istilahnya kita enkripsi. Data yang dienkripsi bisa diambil, tapi pengambilannya setelah 15 tahun,” jelasnya.

Taufan Redina memaparkan, di tengah pandemi Covid-19 ini seluruh proses PPDB 2020 dilaksanakan sepenuhnya dengan  sistem online. Proses pendaftaran calon siswa SD dan SMP dan proses daftar ulang dilakukan secara daring, menggunakan satu laman yang dikendalikan Diskominfo SP bekerjasama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. 

Komisi IV kemarin ingin memastikan kesiapan Diskominfo SP dalam menghadapi PPDB. 

Inspeksi Komisi IV DPRD Solo yang dipimpin Ketua Komisi, Putut Gunawan, ingin memastikan kesiapan Diskominfo SP dalam mendukung pelaksanaan PPDB.  Kepala Diskominfo SP, Kentis Ratnawati dan Kepala Dinas Pendidikan, Etty Retnowati, yang menerima anggota Komisi IV DPRD, memaparkan secara rinci seluruh persiapan termasuk persyaratan dan penerapan zonasi. 

Anggota Komisi IV, Antonius Yogo Prabowo, menambahkan, keamanan server dalam proses PPDB yang sangat penting harus diprioritaskan. Sehingga PPDB dapat dilaksanakan selama 24 jam tanpa ada gangguan, baik berupa serangan virus maupun peretas. 

Halaman:

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X