Warga Babakan Jambu Kini Miliki Tungku Pembakaran Sampah

- 29 Mei 2020, 15:44 WIB

WARGA di Kampung Babakan Jambu RW 11 Desa Majakerta Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, kini sudah memiliki tungku pembakaran sampah yang dibangun Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya Sub Pos Desa Majakerta bekerja sama dengan sejumlah warga setempat.

"Tungku pembakaran sampah sudah bisa digunakan, setelah dilakukan ujicoba dalam beberapa hari terakhir ini pascalebaran Idulfitri," kata Satgas Sektor 4 Citarum Harum Sub Pos Desa Majakerta Serka Engkus Ernawan kepada galamedianews.com di Majalaya, Jumat (29/5/2020). 

Menurut Serka Engkus, tungku pembakaran sampah itu untuk mengelola sampah yang dihasilkan warga di kampung tersebut. 

"Tungku pembakaran sampah itu sudah mulai digunakan warga untuk membakar sampah yang tidak memiliki nilai ekonomis. Di antaranya sampah plastik dan sisa rumah tangga lainnya. Namun untuk sampah kertas berupa  kardus dan bekas air minineral, terlihat dikumpulkan oleh pengelola tungku pembakaran sampah. Setelah terkumpul, sampah kardus dan bekas botol mineral bisa dijual ke tukang rongsokan untuk diolah dan didaur ulang kembali," kata Serka Engkus. 

Ia mengatakan, pengelolaan tungku pembakaran sampah itu melibatkan warga setempat dan aparat RT dan RW setempat. "Kami berharap, tungku pembakaran sampah tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk warga sekitar guna mengelola sampah rumah tangga," katanya.

Serka Engkus pun berharap, dengan adanya tungku pembakaran sampah itu, warga tidak lagi membuang sampah sembarangan. Apalagi sampai membuang sampah ke sungai. 

"Pembangunan tungku pembakaran sampah ini untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam memperlakukan sampah rumah tangga. Lebih baik kita mengelola sampah sendiri, sebelum dibuang dan dibakar di tungku pembakaran sampah," katanya. 

Abah Jabrig, salah seorang warga yang mengelola tungku pembakaran sampah menuturkan, sudah lima hari ini tungku pembakaran sampah ini dimanfaatkan warga untuk mengelola sampah. 

"Mudah-mudahan dengan adanya tungku pembakaran sampah ini, warga tidak lagi melempar sampah ke sungai. Melainkan dapat memanfaatkan tungku pembakaran sampah ini," katanya.

Halaman:

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X