Ditemukan 3 Warga Positif Covid-19, Desa Samida Kabupaten Garut Akan Dikarantina 14 Hari

- 29 Mei 2020, 19:21 WIB
Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman.

DESA Samida di Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut akan dikarantina menyusul ditemukannnya tiga warga yang positif Covid-19. Rencananya, karantina akan dilakukan selama 14 hari sampai wilayah tersebut dinyatakan bersih.

Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, mengatakan, Langkah tersebut diambil karena adanya pasien baru di wilayah tersebut. Selain karantina di Desa Samida, terangnya, pihaknya juga memutuskan untuk menerapkan PSBB di Kecamatan Selaawi.

"Keputusan itu diambil berdasarkan hasil rapat gugus tugas. Di Samida ini tingkat reproduksi (virus) cukup tinggi. ODP, PDP juga tinggi," ujarnya, Jumat (29/5/2020).

Helmi menyebutkan, rencananya karantina akan dilakukan di satu Desa. Namun yang pasti, karantina diterapkan di satu dusun karena ada yang ODP, PDP, dan positif. Sedangkan untuk wilayah lainnya, pihaknya akan melihat kondisi di lapangan dengan memantau perkembangannya.

"Ada 560 KK yang dikarantina. Nanti kami juga lakukan tracing ke kampung lain. Kalau memang harus karantina, akan dikarantina," ucapnya.

Helmi menuturkan, pelaksanaan PSBB di Selaawi dengan membatasi pergerakan orang pada malam hari. Pasalnya, terang Helmi, di malam hari virus lebih berpotensi berkembang biak lebih cepat dibanding siang hari.

"Ketika PSBB, aktivitas apapun akan dibatasi. Terutama aktivitas pada malam hari. Malam hari tidak boleh ada yang keluar," katanya. (Agus Somantri)

Sebelumnya, tiga warga Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut dinyatakan positif Covid-19 jelang diberlakukannya new normal atau normal baru. Ketiga warga yang masih satu keluarga tersebut jadi kasus ke 14, 15, dan 16. Ketiganya terpapar dari kasus ke 13 atau KC-13.

"Yang tiga ini tertular dari transmisi lokal. Sekarang sudah dijemput. Kita sudah lakukan pembahasan sesuai intruksi pusat dan provinsi," ucap Helmi.



 

 

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X