PT Dwikarya Utama dan HPDKI Launching Perbaikan Rumah Tak Layak Huni

- 29 Mei 2020, 21:02 WIB

PT Dwikarya Utama bersama Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Kabupaten Bandung, meningkatkan kepeudilan terhadap rumah-rumah warga miskin yang sudah tak layak huni di Kampung Cibeunying Desa Padaulun Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. 

Pada Jumat (29/5/2020) malam, PT Dwikarya Utama dan HPDKI melaksanakan launching rencana pembangunan dua dari empat rumah tidak layak huni yang akan diperbaiki dengan cara pembangunan kembali rumah tersebut. Dengan harapan rumah warga itu menjadi layak huni. 

Empat rumah warga miskin yang merupakan pekerja harian lepas, pemulung dan pekerja lainnya itu kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Di antaranya, rumah milik Ruspita, Abah Dudung dan rumah lainnya. 

Pantauan di lapangan, di antara rumah panggung warga yang menjadi sasaran perbaikan dan pembangunan kembali itu, kondisi sudahnya sudah tidak nyaman lagi untuk dihuni. Apalagi untuk rumah panggung yang dihuni Ruspita yang ditempati empat kepala  keluarga itu. 

Dinding rumah yang terbuat dari bilik bambu sudah terlihat ada bagian yang bolong dan sudah terlihat kusam. Demikian pula dengan rumah Abah Dudung, ada bagian rumahnya yang sudah tidak lagi terpasang bilik dan para penghuninya memaksakan diri menempati rumah tersebut kendati harus merasakan dinginnya angin malam di saat harus bertahan menempati rumahnya yang sudah tak layak huni. 

Bahkan ada di antara rumah warga yang rumahnya sudah ditahan tiang penyangga karena terancam ambruk. Selain itu, bagian rambu rumahnya sudah termakan usia, sehingga bagian gentingnya sudah banyak yang berjatuhan. 

Pimpinan Perusahaan PT Dwikarya Utama, Risman Daryusman mengaku sangat prihatin ketika melihat kondisi sejumlah rumah panggung milik warga di Kampung Cibeunying tersebut. "Kondisi rumah panggung milik mereka sudah tak layak huni. Selain dinding biliknya sudah banyak yang bolong, ditambah lagi ada bagian rumahnya yang nyaris ambruk kalau tidak ada tiang penyangga. Lebih memprihatinkan lagi, ada rumah warga yang sudah tidak ada dinding biliknya," kata Risman kepada galamedianews.com di sela-sela silaturahmi dan halalbihalal dengan warga setempat dan PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Ibun di perusahaan PT Dwikarya Utama Kampung Cibeunying, Jumat malam. 

Risman mengatakan, rumah warga atas nama Abah Dudung yang tak layak huni itu, secara bertahap akan dibangun pada Senin (1/6/2020). Dari empat rumah warga yang menjadi fokus perhatian perusahaan ini dan HPDKI, kata Risman, sementara dua rumah dulu yang akan dibangun secara bertahap.

"Rumah panggung warga yang tak layak huni itu, selain berukuran kecil antara 3 x 5 meter, 3 x 4 meter, juga mereka sama sekali tak memiliki barang berharga. Bahkan ada di antara warga yang tak memiliki tikar dan mereka duduk di lantai rumah yang terbuat dari bambu," tutur Risman yang merupakan Humas HPDKI Kabupaten Bandung, selain Ketua PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Ibun.

Halaman:

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X