Picu Kekhawatiran Sebaran Baru, Bobol Lab. Kedokteran India Kawanan Monyet Curi Sampel Covid-19

- 30 Mei 2020, 10:41 WIB

Sekawanan monyet menerobos masuk perguruan tinggi kedokteran di India dan mencuri sampel virus corona setelah menyerang seorang teknisi laboratorium. Peristiwa mengejutkan yang terjadi pagi kemarin tersebut memicu kekhawatiran sebaran baru yang tak terduga.

Dikutip dari DailyMail, monyet-monyet tadi membawa kabur setidaknya tiga sampel Covid-19 dari Meerat Medical College di Uttar Pradesh. Dari klip yang kemudian viral terlihat bagaimana hewan primata tersebut berlarian ke atas pohon.

Tak mempan dibujuk untuk melemparkan barang curian hewan primata tersebut mengunyah bungkusan sampel virus. Warga pun dibuat khawatir kawanan monyet kali ini akan ikut memicu sebaran baru di kawasan permukiman sekitar.

Kepala Biro Kepolisian Lucknow, Amir Haque menyebut keributan akibat ulah monyet bukan hal baru tapi kasus kali ini terbilang langka. Ia tek menampik kemungkinan monyet-monyet ini ikut menyebarkan virus.

"Hewan tak bisa begitu saja disalahkan tapi untuk kasus saat ini jika sampai sampel virus tersebut tercecer di permukiman dan menginfeksi warga maka ini serius. Aparat dan pihak terkait harus menanganinya dengan sigap," ujarnya kepada The Times of India.

Beruntung kekhawatiran tak berlanjut. Kepala Kepala Meerut Medical College, Deeraj Raj memastikan sekuriti menemukan boks-boks curian monyet di sekitar TKP. "Semua masih utuh, jadi tak ada risiko kontaminasi atau sebaran baru," ungkapnya.

Ia menambahkan tiga orang yang sampelnya dicuri juga telah melakukan tes ulang. Sejauh ini India mengonfirmasi 167.442 kasus terinfeksi dengan 4.797 kematian. Penambahan kasus yang cukup signifikan di India membuat sejumlah pihak khawatir Negeri Bollywood menjadi episentrum baru di Asia.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X