Mal dan Pasar Modern di Kabupaten Bandung Boleh Buka Mulai 6 Juni

- 30 Mei 2020, 21:25 WIB
ilustrasi

PEMERINTAH Kabupaten Bandung bakal memperbolehkan pasar modern untuk kembali beroperasi mulai 6 Juni 2020 mendatang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung, Popi Hopipah mengatakan, keputusan untuk membuka pasar modern sesuai dengan rencana penerapan new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) di sektor ekonomi.

Selain itu, pertimbangan untuk membuka pasar modern mulai 6 Juni mendatang mengingat lima wilayah Kecamatan di Kabupaten Bandung masih diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara parsial.

"Di Kabupaten Bandung, masih ada yang zona kuning, yaitu Kecamatan Bojongsoang, Baleendah, Dayeuhkolot, Margaasih, dan Margahayu. Lima kecamatan ini dilakukan PSBB hingga 12 Juni 2020. Setelah Pemkab Bandung rapat koordinasi, akan dicoba penerapan new normal pada pada wilayah-wilayah di Kabupaten Bandung yang tidak diberlakukan PSBB pada 6 Juni 2020," terang Popi dilansir dari prfmnews.id, Sabtu (30/5/2020).

Popi menambahkan, aturan jumlah pengunjung 50 persen dari total kapasitas akan diberlakukan pada pasar modern di wilayah Kabupaten Bandung yang diperbolehkan buka saat penerapan new normal. Jumlah pengunjung maksimal 50 persen ini diberlakukan dengan protokol kesehatan yang ketat oleh pengelola pasar modern.

Lebih lanjut Popi menuturkan, pengawasan terhadap pasar modern di Kabupaten Bandung yang dibuka kembali saat new normal akan akan melibatkan langsung anggota TNI, Polri, serta Satpol PP.

"Protokol kesehatan seperti cuci tangan dan pengecekan suhu tubuh dan pastikan pakai masker sebelum masuk ke mal. Nah saat proses ini, akan ketahuan berapa jumlah warga yang masuk ke suatu pasar modern tersebut, agar bisa diawasi jangan sampai lebih dari 50 persen dari total kapasitas," jelas dia.

Jika protokol kesehatan dilanggar, Popi menyatakan pihaknya tidak akan segan untuk menutup kembali pasar modern tersebut. Keputusan pembukaan pasar modern juga berlaku bagi mal yang berada di wilayah Kabupaten Bandung.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

X