Restart Liga Inggris Dikhawatirkan Jadi Bom Waktu Corona

- 30 Mei 2020, 21:54 WIB
/dok

PECINTA sepak bola sepertinya sangat senang dengan kabar akan kembali digelarnya Liga Premier Inggris di tengah pandemi Covid-19. Terlebih bagi fans Liverpool yang semakin dekat melihat timnya meraih gelar juara pertamanya setelah 30 tahun.

Tapi, rupanya perasaan berbeda dirasakan oleh Wali Kota London, Sadiq Khan. Dia justru mengaku sangat khawatir mendengar kompetisi kasta tertinggi sepakbola Inggris itu kembali berjalan.

"Saya mengkhawatirkan tindakan apa pun yang bisa menyebabkan penyebaran virus corona. Jujur, saya adalah pendukung Liverpool dan ada sebagian kecil dalam diri saya ingin kompetisi kembali. Tapi, sebagian lagi mengatakan keselamatan lebih penting," tutur Khan dikutip The Sun.

"Benar, kami semua perlu penyemangat dan tak ada yang lebih menyenangkan buat fans sepakbola dibanding menonton pertandingan di TV, bahkan tanpa kerumunan. Tapi, kita juga perlu memastikan kalau virus itu tak memiliki kesempatan untuk tersebar," jelasnya seperti dilansir kembali dari viva.co.id.

Saat ini, penderita virus corona Covid-19 di Inggris masih sangat tinggi. Ada lebih dari 269 ribu kasus positif dan lebih dari 37 ribu kematian akibat Covid-19 di Inggris.

Kembalinya Premier League jelas menimbulkan kekhawatiran baru akan meningkatnya jumlah penderita Covid-19 di wilayah Inggris. Ingat, sepak bola merupakan olahraga terpopuler di Negeri Ratu Elizabeth. Bukan tidak mungkin, massa yang nakal akan tetap berkerumun di sekitar stadion meski laga digelar tertutup.

Terlebih, bagi fans Liverpool. Tak mungkin mereka membiarkan tim kesayangannya merayakan gelar juara tanpa parade.

"Saya paham bagaimana sifat manusia. Suporter akan tetap datang untuk sekadar melihat manajer datang dan mendengarkan atmosfernya meskipun mereka tak diizinkan masuk," terang Khan.

"Kami tak bisa membiarkan suporter berkerumun di sekitar stadion. Kami tak ingin ada suporter klub Premier League di London berkumpul. Apalagi, ada duel Tottenham Hotspur versus Arsenal. Maka itu, polisi dan dewan harus benar-benar menegakkan aturan," pungkas dia.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X