Ini Imbauan DMI Jabar pada DKM Terkait Pelaksanaan Ibadah dengan Protokol Kesehatan

- 31 Mei 2020, 10:50 WIB

KEMENTERIAN Agama menerbitkan surat edaran tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 di Masa Pandemi, Sabtu (30/5/2020).

Surat edaran ini diterbitkan sebagai respon atas kerinduan umat beragama untuk kembali melaksanakan ibadah di rumah ibadah masing-masing dengan tetap menaati protokol kesehatan, terutama dalam rangka pencegahan persebaran Covid-19 dan perlindungan masyarakat dari risiko ancaman serta dampaknya.

Ketua Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Barat, KH Ahmad Shidiq SH mengatakan, ada dua model penyelenggaraan ibadah di masjid berdasarkan surat edaran tersebut. Yaitu berlaku bagi masjid homogen dan heterogen.

Menurutnya, bagi masjid homogen yang jamaahnya hanya berasal dari satu lingkungan, diperbolehkan melaksanakan salat berjamaah namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sementara bagi masjid heterogen, yang jamaahnya berasal dari luar, masih dipertimbangkan.

"Masjid homogen dipersilakan ibadah berjamaah," kata Ahmad yang dikutip saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Ahad (31/5/2020).

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X