Dinkes Kota Cimahi dan GTPP Covid-19 Jabar Lakukan Rapid Test Gratis

- 31 Mei 2020, 16:06 WIB

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi bersama Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Provinsi Jawa Barat melaksanaan pemeriksaan rapid test secara gratis, Ahad (31/5/2020). Hal itu sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Cimahi.

Kepala Dinkes Kota Cimahi, Pratiwi mengatakan, rapid test ini dilakukan di beberapa titik kerumunan di Kota Cimahi, seperti pasar tradisional dan pasar modern.

Rapid test dilaksanakan di Pasar Atas terhadap 150 orang, yang terdiri dari pedagang Pasar Antri, Pedagang Pasar Atas, serta sebagian pengunjung Pasar Atas.

Selain itu, Dinkes Kota Cimahi juga melaksanakan mobile test di depan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat sebanyak 24 orang pengemudi ojok online (Ojol), serta di Superindo Cibabat dilakukan rapid test terhadap 50 orang pengunjung.

"Rapid test sengaja tidak dilakukan lagi di Pendopo DPRD Kota Cimahi agar tes yang dilakukan tepat sasaran," kata Pratiwi.

Menurutnya, mobile test yang dlakukan Dinkes Kota Cimahi ini diharapkan dapat menjangkau titik-titik kumpul kerumunan masyarakat Kota Cimahi, di mana dapat mengetahui sejauh mana perkembangan Covid-19 di Kota Cimahi.

"Dan mudah-mudahan ini dapat memutus mata rantai penyebarannya," jelas Pratiwi.

Pratiwi menambahkan, upaya ini merupakan salah satu pencegahan. Ia pun berharap semua yang melaksanakan rapid test di Pasar Atas, di depan RSUD Cibabat, dan Supeindo semua hasilnya negatif.

Pratiwi pun mengimbau masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Ketika pemerintah mempersiapkan masyarakat Indonesia New Normal, bukan berarti Covid-19 itu telah hilang. Tetapi mayarakat diharapkan tetap melakukan kegiatannya sehari-hari dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjauhi kerumunan, selalu mencuci tangan memakai sabun dari air mengalir, serta tetap melaksanakan PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat)," imbuh Pratiwi.

 

 

 

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X