Ketua Umum DPP Majelis Dakwah Islamiyah Sambut Baik SE Kementerian Agama RI

- 1 Juni 2020, 10:26 WIB

KETUA Umum DPP Majelis Dakwah Islamiyah, Dr. H. Deding Ishak, S.H., M.M., menyatakan umat Islam patut gembira atas dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Menteri Agama RI Nomor : SE. 15 tahun 2020  tentang panduan penyelenggaraan kegiatan keagamaan di rumah ibadah dalam mewujudkan masyarakat produktif dan aman dari Covid-19 di masa pandemi.

"Dengan adanya SE yang dikeluarkan Kementerian Agama RI ini, tentu akan mengobati kerinduan umat Islam untuk dapat kembali melaksanakan ibadah di masjid/musala dengan tetap menaati protokol kesehatan, terutama dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 dan perlindungan masyarakat dari risiko dampaknya," kata Ketua STAI Yapata Al-Jawami ini kepada wartawan di Cileunyi Kabupaten Bandung, Senin (1/6/2020). 

Kang Deding, panggilan akrab H. Deding Ishak berharap, panduan ini dapat meningkatkan spiritualitas umat dalam menghadapi pandemi Covid-l9 serta dampaknya, sekaligus meminimalisir risiko akibat terjadinya kerumunan dalam satu lokasi.

"Salah satu poin penting dalam surat edaran tersebut adalah menyerahkan kewenangan untuk membuka kembali rumah ibadah kepada kecamatan/kota/kabupaten/provinsi sesuai dengan tingkatan rumah ibadah," kata bakal calon bupati Bandung ini. Oleh karena itu, imbuh Kang Deding, pemerintah kecamatan/kota/kabupaten/provinsi harus pro aktif menginformasikan kepada masjid/musala yang sudah bisa melaksanakan kegiatan ibadah dengan tetap menaati protokol kesehatan, tanpa harus mengajukan permohonan dari pengurus masjid/DKM.

"Kita mengajak kepada seluruh umat Islam, untuk memakmurkan kembali masjid/musala yang sudah bisa melaksanakan kegiatan ibadah dengan tetap menaati protokol kesehatan," ujarnya.

"Mari kita terus berusaha dan berdoa ke hadirat-Nya untuk melimpahkan rahmat dan ma'unah-Nya untuk seluruh bangsa Indonesia sehingga kita bisa melewati masa sulit ini secara bersama-sama. Amin," lanjutnya.

 

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X