Logo Ikonik Hilang, Dukung Aksi Black Lives Matter Nike Gunakan Slogan Baru 'Don't Do It'

- 1 Juni 2020, 11:47 WIB

Mendukung gerakan anti-rasisme yang dipicu kematian warga kulit hitam George Floyd di tangan aparat Minneapolis, Nike meluncurkan klip yang membuat raksasa apparel AS itu meniadakan logo ikonik serta mengubah slogan global mereka Just Do It menjadi Don't Do It.

Dikutip dari DailyMail kemarin, klip berisi ajakan untuk memaknai kepergian George Floyd yang memicu demo besar-besaran di 25 kota dengan kesadaran baru akan kesetaraan hak ini disambut pujian.

"Sekali saja, jangan lakukan. Jangan bersikap seolah Amerika tak menghadapi persoalan apa pun. Jangan berpaling dari rasisme. Jangan biarkan korban tak berdosa terenggut."

"Jangan lagi beralasan. Jangan berpikir kejadian ini tak berpengaruh pada kita. Jangan bungkam dan diam. Jangan pernah berpikir tak ada yang bisa kita lakukan. Semua bisa ikut melakukan perubahan." Demikian pesan klip Black Lives Matter yang diposting akun resmi Nike.

Sebelum viral video detik-detik terakhir George Floyd yang meregang nyawa dalam hitungan menit setelah dibiarkan dalam posisi "terkunci" oleh Derek Chauvin, publik Amerika juga diramaikan video penembakan warga kulit hitam lainnya Ahmed Aubery dan pembunuhan Breonna Taylor.

Sementara itu Nike melalui rilis resmi menyatakan, "Nike memiliki sejarah panjang dalam menolak segala bentuk kebencian, bigotri dan diskriminasi."

CEO Nike John Donahoe juga menegaskan klip dirilis tak hanya sebagai dukungan tetapi juga peringatan akan perlakuan tak adil yang masih dialami warga Negeri Paman Sam.

Editor: Mia Fahrani


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X