Virus Covid-19 Mati dalam Empat Jam, Ilmuwan Sarankan Tembaga untuk Gagang Pintu dan Pegangan Tangan

- 1 Juni 2020, 15:13 WIB

Pegangan pintu, pegangan tangan dan pegangan troli supermarket sebaiknya dilapisi tembaga untuk mencegah penyebaran Covid-19. Demikian diungkapkan ilmuwan Inggris, William Keevil.

Ahli mikrobiologi senior dari University of Stanford tersebut mengatakan antibakteri yang terdapat pada tembaga dapat membunuh virus corona dalam empat jam. Sejauh ini virus yang menyerang organ pernapasan tersebut bertahan hingga tiga hari pada permukaan baja atau plastik.

Ia menyoroti kurangnya penggunaan tembaga di titik-titik komunal seperti supermarket, gym termasuk moda transportasi. Virus sendiri dapat menginfeksi melalui mulut atau hidung saat seseorang yang memegang objek terkontaminasi menyentuh wajah.

Sedangkan mereka yang telah terinfeksi dapat ikut menyebarkan melalui batuk atau bersin yang mentransfer virus hingga menempel pada benda-benda sekitar. Selain kulit, virus memasuki tubuh melalui mulut, hidung dan mata.

Saat virus mengenai permukaan tembaga, ion metal yang terkandung di dalamnya berupa atom elektris akan menyerang membran lipid virus yang berfungsi sebagai pelindung. Setelah itu elemen tembaga akan menembus sel dan menghancurkan DNA virus sepenuhnya.

Kepada The Times, Profesor Keevil menyebut bus-bus di Polandia telah menggunakan tembaga untuk pelapis pegangan pintu. Sementara bandara di Cina dan Brasil memilih metal. Ia juga menambahkan sejumlah gym di Amerika sudah melapisi pegangan tangan dan barbel dengan tembaga.

Meski masih jarang digunakan secara massal, Keevil berharap di masa pandemi akan ada banyak tempat umum yang mulai menggunakan tembaga.

Editor: Mia Fahrani


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X