Tata Kelola Pertanian di Kabupaten Bandung Harus Diperbaiki

- 1 Juni 2020, 16:11 WIB

KABUPATEN Bandung dengan wilayahnya yang luas memiliki potensi pertania yang cukup tinggi. Namun saat ini potensi tersebut seolah belum tergali secara optimal.

"Kabupaten Bandung itu memiliki potensi pertanian. Sehingga masyarakat sebagai pemilik lahan pertanian bisa meningkatkan taraf ekonominya dari hasil pertanian," kata Hj. Yena Iskandar Ma'soem, di Ibun, Senin (1/6/2020).

Yena mengatakan hal itu saat bertemu dengan para petani yang sedang panen. Menurut dia, untuk meningkatkan taraf ekonomi para petani, pemilik lahan pertanian maupun buruh tani, harus ada perbaikan tata kelola pertanian.

"Supaya potensi pertanian itu betul-betul dirasakan manfaatnya oleh para petani," tambahnya.

Tak cuma menyikapi potensi pertanian di Kabupaten Bandung, bakal calon Bupati Bandung dari PDIP itu mengklaim tengah fokus pada peningkatan ketahanan pangan. Caranya dengan cara memanfaatkan pekarangan perkantoran di sejumlah Apotek Al Ma'soem.

Lahan yang tersedia ditanami berbagai jenis sayur mayur, buah-buahan dan apotek hidup. Mulai dari kangkung, sereh, sirih, laja, cabe, buah mangga, jeruk, lengkeng, labu siam, sirih, bawang daun, pandan, ubi jalar, dan tanaman lainnya. Hasil pertanian itu bisa dimanfaatkan langsung oleh warga.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X