'New Normal' Mulai Diberlakukan di Garut, Petugas Gabungan Tongkrongi Pusat Keramaian

- 1 Juni 2020, 17:11 WIB
Dandim 0611 Garut, Letkol Inf. Erwin Agung berkeliling ke pusat-pusat keramaian di kawasan perkotaan Garut mengingatkan warga agar memakai masker, Senin (1/6/2020).

"NEW normal" atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) mulai diterapkan di Kabupaten Garut. Petugas gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) pun mulai melakukan penjagaan di pusat-pusat keramaian.

Komandan Kodim (Dandim) 0611/Garut, Letkol Inf. Erwin Agung mengatakan, AKB akan diberlakukan mulai tanggal 1 sampai 30 Juni 2020. Setiap orang yang datang ke tempat keramaian akan diperiksa sesuai protokol kesehatan.

"Hari ini mulai pemberlakuan 'new normal'. Kami libatkan petugas gabungan untuk menjaga pusat keramaian," ujarnya, Senin (1/6/2020).

Menurut Erwin, ada empat titik lokasi yang menjadi fokus utama pengawasannya. Mulai pusat perbelanjaan, pasar, tempat wisata, hingga kafe dan restoran. Petugas akan memeriksa suhu tubuh dan penggunaan masker ke setiap orang yang masuk pusat keramaian.

"Kami libatkan petugas gabungan untuk menjaga pusat keramaian. Ada lima mal dan 13 pasar yang dijaga petugas," ucapnya.

Erwin menyebutkan, seluruh anggota TNI diberi tugas mengawasi tempat-tempat yang menjadi fokus utama protokol kesehatan. Pihaknya juga meminta pengelola pusat keramaian untuk menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer. Warga juga diimbau harus menjaga jarak saat beraktivitas.

"Kami sudah lakukan sosialisasi sejak lima hari lalu. Mulai hari ini akan kami awasi dan beri teguran jika ada yang melanggar," katanya.

Erwin menuturkan, saat ini di sejumlah pasar dan pusat perbelanjaan di Kabupaten Garut di setiap pintu masuknya sudah terdapat tempat cuci tangan. Namun begitu, pihaknya menugaskan anggota untuk mengawasi dan terus mengingatkan warga.

"Di semua tempat itu, saat ini sudah tersedia tempat cuci tangan di pintu masuknya. Tapi kami akan awasi terus," ucapnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X