Satpol PP Sosialisasikan Pemberlakukan PSBB Proporsional di Kota Bandung

- 1 Juni 2020, 18:48 WIB
ilustrasi

PEMBATASAN Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bandung kembali diperpanjang hingga 12 Juni 2020. PSBB yang diterapkan kali ini akan diberlakukan secara proporsional.

Keputusan ini diresmikan melalui Perwal Nomor 32 Tahun 2020 tentang PSBB dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19, sekaligus Perubahan Ketiga Perwal Nomor 21 Tahun 2020.

Sebagai bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung Bidang Keamanan, Satpol PP Kota Bandung gencar melakukan sosialisasi terkait penerapan PSBB proporsional.

Pasalnya, dalam Perwal Nomor 32 Tahun 2020 tentang PSBB dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 terdapat beberapa kebijakan baru.

"Kita lakukan pengawasan, monitoring, dan penertiban di lapangan masih mengacu pada Perwal 21 dan perubahan Perwal 29. Jadi mulai berlaku besok. Tadi kita sosialisasi ke hotel, mal, restoran, rumah makan dan tempat lain (terkait perwal PSBB)," jelas Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satpol PP Kota Bandung, Idris Kuswandi seperti dilansir dari prfmnews.id, Senin (1/6/2020).

Di dalam Perwal ini, rumah makan atau restoran di Kota Bandung sudah diperbolehkan untuk kembali beroperasi. Menurut Idris, pelayanan makan di tempat (dine in) pada rumah makan atau restoran boleh dimulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB.

Jam operasional ini juga berlaku untuk pelayanan pesan makanan untuk dibawa pulang (take away). Terkait penegakan sanksi Idris menambahkan, terdapat sanksi administratif, sanksi sosial, dan sanksi yang mengacu pada perundang-undangan yang berlaku.

"Terkait sanksi kebanyakan sanksi sosial berupa peringatan, teguran, penghentian sementara kegiatan dengan pembubaran," pungkasnya.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X