Koleksi Satwa Taman Safari Prigen Jatim Bertambah dengan Kelahiran Bayi Singa Putih

- 1 Juni 2020, 20:00 WIB

TAMAN Safari Prigen (TSP), Jawa Timur menambah koleksi satwanya setelah bayi singa putih yang diberi nama "Gisel" lahir di tengah pandemi Covid-19.

General Manager Taman Safari Prigen, Diaz Yonadie dalam siaran persnya, Senin (1/6/2020), mengemukakan Gisel lahir dengan normal pada 8 April 2020, dengan berat 1,5 kg. Gisel lahir dari indukan betina bernama Ghost dan pejantan bernama Kaka.

Proses kelahirannya ditangani oleh drh Hanifa Agus Setyawan dan Ponasri, keeper (perawat satwa). "Kelahiran Gisel membuktikan kesuksesan Taman Safari Prigen dalam breeding (pengembangbiakan) satwa," ucapnya.

Meskipun dalam kondisi penutupan sementara untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, Taman Safari Prigen tetap memelihara satwa, baik dari segi pemberian pakan, perawatan hingga pengobatan terutama untuk satwa-satwa yang sedang mengandung dan melahirkan.

Sebagai lembaga yang fokus pada konservasi, kelahiran satwa merupakan salah satu indikator keberhasilan dalam menyelamatkan dan mencegah serta melindungi satwa-satwa yang terancam punah.

Sementara itu, dalam pemantauan selama hampir 2 bulan ini kondisi bayi dalam keadaan sehat dan dalam pengasuhan induknya. Dia terpantau menyusu setiap 2 jam sekali dan beraktivitas normal.

"Untuk penanganan dan perawatan induk betina pasca-melahirkan, kita berikan suplemen penambah volume ASI yaitu moloco," kata drh Hanifa yang menangani proses kelahiran singa putih tersebut.

Kurator Taman Safari Prigen, drh Ivan Chandra mengatakan setelah vaksinasi saat berusia 3 bulan, si bayi singa putih ini akan dilepas ke exhibit untuk berkumpul bersama kelompoknya.

Bayi singa putih, Gisel ini masih dalam perawatan induknya, yaitu Ghost dan dibantu oleh keeper, paramedis dan dokter hewan. Setiap hari, Gisel menyusu langsung ke induknya hingga berusia sekitar satu tahun.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X