Mewabah di Kongo, Covid-19 Belum Mereda WHO Nyatakan Pandemi Ebola

- 2 Juni 2020, 12:40 WIB

Republik Demokratik Kongo menyatakan tengah menghadapi epidemi Ebola baru. Menteri Kesehatan Eteni Longondo mengatakan empat orang yang meninggal di Mbandaka dinyatakan positif Ebola oleh laboratorium biomedis nasional di ibu kota Kinshasa.

"Kami menghadapi epidemi Ebola baru di Mbandaka," kata Longondo kepada wartawan. "Kami akan segera mengirim vaksin dan obat-obatan." Wabah kali ini juga dikonfirmasi  Kepala Organisasi Kesehatan Dunia, Tedros Adhanom Ghebreyesus melalui akun Twitter. "Wabah Ebola ini menjadi pengingat bahwa #Covid-19 bukan satu-satunya ancaman kesehatan yang dihadapi."

Pusat perawatan Ebola di Katwa, dekat Butembo.

The outbreak.

Dikutip dari DailyMail kemarin, Tedros mengatakan WHO sudah meminta staf di Mbandaka guna memberikan  dukungan bagi pemerintah Kongo. Ibukota Provinsi Equateur, Mbandaka merupakan pusat transportasi di Sungai Kongo dengan populasi lebih dari satu juta jiwa.

Provinsi ini sebelumnya dilanda wabah Ebola pada Mei -  Juli 2018 di mana 33 orang meninggal dan 21 dinyatakan pulih. “Ini provinsi yang sudah mengalami wabah sama. Mereka tahu bagaimana merespons dan sudah memulainya di tingkat lokal kemarin (Minggu),” ujar Longondo.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X