Kemenag Cimahi Persilahkan Calon Jemaah Haji yang Akan Tarik Kembali ONH

- 2 Juni 2020, 18:36 WIB
ilustrasi

RATUSAN calon jemaah haji asal Kota Cimahi gagal berangkat ke Tanah Suci tahun ini. Hal itu menyusul adanya keputusan pemerintah pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI yang membatalkan seluruh pemberangkatan calon jemaah haji di Indonesia tahun 2020.

Keputusan tersebut diambil pemerintah, mengingat pandemi Covid-19 masih melanda hampir seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia dan Arab Saudi.

Kepala Kemenag Kota Cimahi, Munawir Sulaiman mengatakan, di Kota Cimahi ada sebanyak 546 orang calon jemaah haji yang seharusnya berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

"Betul, ibadah haji tahun ini dibatalkan. Ada 546 orang calon jemaah haji Kota Cimahi yang seharuanya berangkat tahun ini," ujarnya saat dihubungi, Selasa (2/6/2020).

Munawir menjelaskan, ratusan calon jemaah haji tersebut sebenarnya sudah melunasi biaya pemberangkatan ibadah haji. Kendati demikian, meskipun lima ratus lebih calon jemaah haji di Kota Cimahi mengalami penundaan pemberangkatan pada tahun ini diminta jangan cemas. Sebab, pada tahun selanjutnya akan menjadi prioritas pemberangkatan haji.

"Biayanya untuk tahun depan. Tetap ada di bank. Tapi kalau ada jemaah yang mau ngambil atau mengundurkan diri, uang tersebut bisa diambil melalui proses ke pusat atau Kemenag pusat," terang Munawir.

Ia menyebutkan, pembatalan pelaksaan ibadah haji ini sudah mulai disosialisasikan kepada calon jemaah haji melalui Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang ada di Kota Cimahi.

"Kami juga sosialisasikan secara online melalui website Kemenag Kota Cimahi dan akan terus diinformasikan ke jemaah haji langsung atau via KUA (Kantor Urusan Agama)," ujar Munawir.

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X