Peringati Hari Kelahiran Pancasila, DPC PDI-Perjuangan Kota Bandung akan menggelar Lomba Vlog Pidato

- 2 Juni 2020, 20:06 WIB

PERKEMBANGAN zaman yang terjadi, kesadaran dan pengamalan nilai -nilai Pancasila di kalangan generasi muda atau milenial semakin tergerus. Terlebih dengan masuknya budaya- budaya asing ke Indonesia.

Memperingati Hari Kelahiran Pancasila, DPC PDI-Perjuangan Kota Bandung akan gelar Lomba Vlog Pidato Bung Karno "Lahirnya Pancasila 1 Juni 1945".

"Tujuan lomba ini, untuk merefresh kembali wawasan dari generasi muda dan juga masyarakat, akan pemahaman tentang pancasila. Pendaftarannya dari tanggal 2-8 Juni 2020," ungkap Ketua Panitia Lomba Vlog Pidato, Aries Supriyatna di Kantor DPC PDI-Perjuangan Kota Bandung, Jln. Martanegara, Kota Bandung, Selasa (2/6/2020).

Menurutnya pengambilan tema lomba vlog pidato, karena dinilai akan lebih memudahkan dalam memberi pemahaman akan Pancasila ditengah masyarakat. Karena terdapat penjelasan nilai-nilai Pancasila, yang merupakan dasar negera Indonesia.

"Teks pidato yang dibacakan adalah ketika sidang BPUPKI pada 1 Juni, yang kini diperingati sebagai hari lahir Pancasila. Pemahaman yang muncul tidak hanya lima sila, tapi juga penjelasannya," tuturnya.

Dikatakannya peserta yang mengikuti perlombaan tersebut, tidak terbatas pada kalangan remaja baik tingkat SMP dan SMA, tapi juga disediakan untuk kategori umum. Bahkan jumlah peserta yang mengikuti tidak dibatasi, dengan mendaftar melalui Whatsapp 081211783108.

"Maka setelah mereka mendaftar melalui Instagram atau Whatsapp, kemudian akan diberikan teks pidatonya. Kemudian mereka membuat vlog-nya dan dikirimkan via WA dan mengunggah video tersebut, dengan menandai akun instagram DPC PDI-Perjuangan Kota Bandung," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua DPC PDI-Perjuangan Kota Bandung, Achmad Nugraha mengatakan bahwa kegiatan peringatan Hari Lahir Pancasila juga dilaksanakan se-Indonesia. Namun dengan cara berbeda di setiap wilayah.

"Ini merupakan upaya bagaimana memperkuat kembali Pancasila ditengah masyarakat. Kita memilih lomba vlog pidato ini, sebagai cara pelaksanaan ditengah pandemi Covid-19," ucapnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X