Tingkatkan Kesejahteraan, Pemprov Jabar Terus Galakkan Program Desa Digital

- 2 Juni 2020, 20:35 WIB

MENINGKATKAN kesejahteraan desa-desa, Pemprov Jabar terus menggalakan program desa digital. Dengan demikian, dapat membuat warga desa memanfaatkan kemajuan teknologi, dalam berbagai sektor, termasuk ekonomi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jabar, Setiaji mengatakan, terdapat lima level desa dalam program desa digital, mulai dari level 0 hingga 4. Sehingga disesuaikan dengan kondisi yang terjadi pada masing-masing desa.

Menurutnya desa dengan level 0 merupakan daerah yang tidak memiliki akses internet atau blank spot. Dengan demikian, Pemprov Jabar membangun infrastruktur internet dengan menyediakan wifi dan lain sebagainya.

Sementara desa level 1, merupakan daerah sudah memiliki internet namun masih kurang dalam sisi literasi digital.

"Untuk desa level 1 ini, kita memberikan edukasi mengenai digital. Sehingga lebih bisa dipahami oleh masyarakat," ungkapnya di Kantor Diskominfo Jabar, Jln. Tamansari, Kota Bandung, Selasa (2/6/2020).

Dikatakannya untuk desa level 2 memiliki kondisi yang sudah terkoneksi internet dan sudah masuk edukasi literasi digital. Maka pada level desa ini, pihaknya menekankan kepada pengunaan media sosial yang bijak supaya tidak terpapar hoax.

"Kalau untuk desa level 3, kita fokuskan untuk e-commers dan desa level 4 adalah Internet of Things," ujarnya.

Terkait dengan e-commers, pihaknya membangun pusat desa digital yang bekerjasama dengan Tokopedia. Dengan demikian, masyarakat akan dimudahkan untuk memesan barang dan mengambil barang pesanan di pusat desa digital tersebut.

"Dalam platform ini, masyarakat juga bisa memasarkan produknya," katanya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X