Pemerintah Batalkan Keberangkatan Haji, Ridwan Kamil: Ini Ujian dari Allah

- 2 Juni 2020, 20:43 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

PEMERINTAH Indonesia secara resmi membatalkan untuk memberangkatkan calon jemaah haji di tahun ini. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta warga muslim Jabar yang mendapatkan porsi haji tahun ini agar ikhlas dan bersabar. 

Pria yang akrab disapa Emil itu menyatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan segera merumuskan langkah selanjutnya.

"Pertama, ini berita sedih tapi ujian dari Allah agar umat Islam bersabar," kata Emil kepada wartawan, Selasa (2/6/2020).

Selain itu, kata dia, dibatalkannya ibadah haji tahun ini merupakan cara Allah agar umat muslim lebih selama daripada memaksakan diri, nanti tidak terkendali. Yang ada jadi mudaratnya yang lebih besar daripada manfaatnya.

"(Mari) terima kenyataan dengan keikhlasan bahwa manusia berencana tapi Allah menentukan pada akhirnya," tambah dia seperti ditulis wartawan "PR", Novianti Nurulliah.

Selanjutnya, kata Emil, pihaknya akan segera merumuskan tindakan lanjutan yang akan terjadi.

"Apakah nantinya ada pergeseran sehingga satu tahun tambahan antrean kuota. Kami akan melihat biaya yang sudah dikeluarkan kira-kira berapa dan lain sebagainya. Kami akan rapatkan secepatnya dan secepatnya akan kami informasikan pada masyarakat," urainya.

Emil pun menambahkan, secara pribadi ia dan ibundanya batal haji tahun ini. Rencananya dia ditunjuk sebagai amirul hajj Jabar.

Sebelumnya, Menteri Agama RI, Fachrul Razi memastikan bahwa keberangkatan Jemaah haji tahun 1441H/2020M dibatalkan. Keputusan ini secara tertulis tertuang pada Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 494 tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441H/2020M. Pembatalan terkait pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X