Dari Memar Hingga Buta Permanen, Massa Aksi BLM Ramai-ramai Posting Bukti Bahaya Peluru Karet

- 3 Juni 2020, 12:16 WIB

Para demonstran yang turun ke jalanan dalam aksi Black Lives Matter (BLM)  yang memprotes pembunuhan George Floyd, warga kulit hitam tak bersenjata di tangan aparat Minneapolis Senin lalu, menunjukkan luka akibat peluru karet. Mereka ramai-ramai memostingnya di  media sosial untuk membuktikan bahwa peluru karet bukan sekadar karet yang tidak berbahaya.

Dikutip dari DailyMail kemarin, polisi menembakkan peluru karet ke arah kerumunan massa di kota-kota di seluruh AS yang hingga hari kedelapan masih diwarnai aksi demo. Akibatnya sejumlah pengunjuk rasa, wartawan hingga warga lainnya ikut  terluka.

Proof #1

Proof #2

Mereka memosting foto-foto luka akibat peluru karet  mulai dari memar hingga kebutaan permanen. Beberapa di antaranya termasuk selebriti seperti Halsey dan Matt McGorry yang ikut terkena peluru karet. Beberapa peluru juga mengenai warga yang tidak ikut berdemo juga wartawan yang tengah bertugas.

Peluru karet sendiri merupakan proyektil karet atau berlapis karet yang dapat ditembakkan baik dari senjata anti-huru hara ataupun senjata biasa. Meski dibuat dengan tingkat fatalitas kurang mematikan dari peluru biasa, bukan berarti jenis peluru ini sama sekali tidak berbahaya karena faktanya tetap dapat menyebabkan cedera serius.

Dan berupaya meyakinkan mereka yang ragu, para demonstranm yang ikut menjadi korban peluru karet memosting luka-luka akibat peluru karet yang digunakan polisi. Foto-foto mengejutkan yang beredar di media sosial juga menunjukkan ukuran peluru yang terbilang besar.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X