Batal ke Tanah Suci, Calhaj di Cimahi Hanya Bisa Pasrah

- 3 Juni 2020, 13:25 WIB
ilustrasi

PEMERINTAH Indonesia resmi membatalkan pemberangkatan jemaah haji Indonesia tahun 2020. Meski banyak calon jemaah haji yang kecewa, sebagian dari mereka pasrah akan keputusan tersebut demi penyelamatan umat.

Hal itu diungkapkan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Cimahi, Agus Fathan, ditemui di kantornya, Jalan Kamarung Kota Cimahi, Rabu (3/6/2020).

"Banyak calhaj yang konsultasi menanyakan soal kapan ada keberangkatan lagi. Rata-rata sebagian memang menerima, kalaupun dilaksanakan saat pandemi khawatir terpapar corona virus disease (covid-19) karena situasi ibadah kan sulit jaga jarak dan berdesak-desakan," ujarnya.

Jumlah calhaj Kota Cimahi yang siap diberangkatkan di tahun 2020 sebanyak 546 calhaj dari total 548 orang. Usia tertua calhaj Kota Cimahi tajun ini mencapai 78 tahun. "Sudah semuanya memenuhi kriteria dan melunasi biaya haji," katanya seperti ditulis wartawan "PR", Ririn Nf.

Pihaknya menggandeng jajaran Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) untuk mensosialisasikan keputusan pembatalan pelaksanaan haji tahun 2020. "Nanti disampaikan oleh KBIH masing-masing dengan pedoman dari Kemenag. Karena kebanyakan calhaj kan ikut KBIH," ucapnya.

Untuk pengembalian dana haji, lanjutnya, diserahkan ke jemaah haji masing-masing. Mekanisme pengembalian dana jamaah haji tahun 2020 masih dibahas oleh tim teknis Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).
Mekanisme yang dibahas meliputi syarat dan ketentuan pengembalian dana dan lamanya waktu refund dari sejak pengajuan mengacu Keputusan Menteri Agama (KMA) Fachrul Razi.

"Kalau ada yang mau mengambil dana pelunasan bisa. Kalau tidak diambil, nanti tahun depan tidak usah membayar lagi untuk keberangkatan. Teknis aturannya menunggu kebijakan pusat," imbuhnya.

Untuk keberangkatan calhaj Kota Cimahi, persentase kesiapan sudah mencapai 80-85 persen. "Persiapan keberangkatan sudah 85 persen, tinggal teknis pemberangkatan seperti visa, koper. Untuk dokumen dan kesiapan kesehatan sudah selesai semua," ucapnya.

Sementara itu, pendaftaran untuk ibadah haji masih terus berlangsung. Sejak awal tahun 2020, sedikitnya 423 orang lebih sudah mendaftar haji di Kemenag Kota Cimahi.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X