Setelah Jalani Perawatan di RSUD Cibabat, Seorang Pedagang Pasar Antri Sembuh Covid-19

- 4 Juni 2020, 13:02 WIB

SETELAH menjalani isolasi dan perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, seorang pedagang di Pasar Antri Kota Cimahi yang positif Covid-19 dinyatakan sembuh.

"Betul pasien ER yang sebelumnya positif Covid-19 sekarang sudah dinyatakan sembuh oleh dokter penanggungjawab pelayanan," ujar Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi, Harjono saat dihubungi, Kamis (4/6/2020).

Setelah dinyatakan positif Covid-19, pasien berjenis kelamin perempuan berusia 60 tahun itu  langsung dibawa ke rumah sakit untuk menjalani isolasi dan perawatan.

"Untuk meminimalisir penularan dengan kontak erat, maka yang bersangkutan diisolasi di rumah sakit. Protokol penanganannya sekarang seperti itu, semua dirawat secara terpusat, biar mudah pemantauannya," beber Harjono.

Selama menjalani perawatan di RSUD Cibabat, pasien tersebut diwajibkan mengonsumsi makanan bergizi, vitamin dan obat tambahan, serta istirahat yang cukup.

"Semuanya dilakukan secara disiplin, karena yang terpenting itu treatment konsumsi vitamin, dan obat penguat imun tubuh. Seminggu dirawat, tanggal 27 dan 28 Mei dilakukan swab test dengan hasil negatif. Setelah dua kali swab test itu, yang bersangkutan dinyatakan sembuh," jelasnya.

Pedagang kerudung dan aksesoris itu sudah diperbolehkan pulang. Namun tetap diwajibkan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari lagi.

"Sudah boleh pulang sekarang, tapi tetap harus isolasi mandiri lagi 14 hari. Biar memulihkan kondisi tubuhnya, dan menghindarkan potensi terpapar Covid-19 lagi karena baru sembuh," beber Harjono.

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X